Rabu, 29 September 2021

Aktivitas-aktivitas Manajemen Sumber Daya Manusia (skripsi dan tesis)


Adapun tujuh aktivitas SDM menurut Mathis dan Jackson di terjemahkan
oleh Diana Angelica (2011:43) yaitu:
1. Perencanaan dan Analisis SDM
Dengan adanya perencanaan SDM, manajer-manajer berusaha untuk
mengantisipasi kekuatan yang akan mempengaruhi persediaan dan tuntutan para
karyawa dimasa depan. Hal yang sangat penting untuk memiliki sistem
informasi sumber daya manusia guna memberikan informasi yang akurat dan
tepat pada waktunya untuk perencanaan SDM. Sebagai bagian dari usaha
mempertahankan daya saing organisasional, harus ada analisis dan penilaian
evektifitas SDM. Karyawan juga harus di motivasi dengan baik dan bersedia
untuk tinggal bersama organisasi tersebut selama jangka waktu yang pantas.
2. Kesetaraan Kesempatan Kerja
Pemenuhan hukum dan peraturan tentang kesetaraan kesempatan kerja
mempengaruhi semua aktivitas SDM yang lain dan integral dengan manajemen
SDM.
3. Pengangkatan Pegawai
Tujuan dari pengangkatan pegawai adalah memberikan persediaan yang
memadai atas individu-individu yang berkualifikasi untuk mengisi lowongan
pekerjaan disebuah organisasi.
4. Pengembangan SDM
Dimulai dengan orientasi karyawan baru, pengembangan SDM juga meliputi
pelatihan keterampilan pekerjaan. Ketika pekerjaan-pekerjaan berkembang dan
berubah, diperlukan adanya pelatihan ulang yang dilakukan terus-menerus untuk
menyesuaikan perubahan teknologi. Mendorong pengembangan semua
karyawan, termasuk para supervisor dan manajer, juga penting untuk
mempersiapkan organisasi-organisasi agar dapat menghadapi tantangan masa
depan.
5. Kompensasi dan tunjangan
Kompensasi memberikan penghargaan kepada karyawan atas pelaksanaan
pekerjaan melalui gaji, insentif dan tunjangan. Para pemberi kerja harus
mengembangkan dan memperbaiki sistem upah dan gaji dasar. Selain itu,
program insentif seperti pembagian keuntungan dan penghargaan produktivitas
mulai digunakan. Kenaikan yang cepat dalam hal biaya tunjangan, terutama
tunjangan kesehatan, akan terus menjadi persoalan utama.
6. Kesehatan, keselamatan dan keamanan
Jaminan atas fisik dan mental serta keselamatan para karyawan adalah hal yang
sangat penting. Secara global, berbagai hukum keselamatan dan kesehatan telah
menjadikan organisasi lebih reponsif terhadap persoalan kesehatan dan
keselamatan. Program peningkatan kesehatan yang menaikkan gaya hidup
karyawan yang sehat menjadi lebih meluas. Selain itu, keamanan tempat kerja
menjadi lebih penting, sebagai akibat dari jumlah tindak kekerasan yang
meningkat ditempat kerja.
7. Hubungan karyawan dan Buruh/Manajemen
Hubungan antara para manajer dengan para pegawai mereka harus ditangani
secara efektif apabila para karyawan dan instansi ingin sukses bersama. Apakah
beberapa pegawai diwakili oleh suatu serikat pekerja atau tidak, hak karyawan
harus disampaikan. Merupakan suatu hal yang penting untuk mengembangkan,
mengkomunikasikan, mengupdate kebijakan dan prosedur SDM hingga para
manajer dan karyawan sama-sama tahu apa yang diharapkan

Tidak ada komentar: