Sumber belajar
masyarakat dapat digunakan untuk kepentingan proses pembelajaran sains, ilmu
sosial dan yang lainnya, salah satunya melalui survei wilayah. Melalui survei
wilayah siswa akan menemukan sumber belajar di masyarakat sehingga mampu
menumbuhkan motivasi untuk memperkaya nilai-nilai hasil belajar guna dapat
meningkatkan pemahaman dan peningkatan materi pelajaran. (Sarman, 2005 : 3)
Nilai-nilai kegunaan
sumber belajar masyarakat adalah : (1) menghubungkan kurikulum dengan
kegiatan-kegiatan masyarakat akan mengembangkan kesadaran dan kepekaan terhadap
masalah sosial; (2) menggunakan minat-minat pribadi peserta didik akan
menyebabkan belajar lebih bermakna baginya; (3) mempelajari kondisi-kondisi
masyarakat merupakan latihan berpikir ilmiah (scientif methode); (4)
mempelajari masyarakat akan memperkuat dan memperkaya kurikulum melalui
pelaksanaan praktis didalam situasi sesungguhnya; (5) peserta didik memperoleh
pengalaman langsung yang kongkrit, realistis dan verbalisme. (Douglas dan Mill
dalam Rusyan 2001 : 152)
Pemanfaatan lingkungan
sekolah sebagai sumber belajar mengarahkan anak pada peristiwa atau keadaan
yang sebenarnya atau keadaan yang alami sehingga lebih nyata, lebih faktual dan
kebenarannya lebih dapat dipertanggungjawabkan. Manfaat nyata yang dapat
diperoleh dengan memanfaatkan lingkungan ini adalah : (1) menyediakan berbagai
hal yang dapat dipelajari anak, (2) memungkinkan terjadinya proses belajar yang
lebih bermakna (meaningful learning), (3) memungkinkan terjadinya proses pembentukan
kepribadian anak, (4) kegiatan belajar akan lebih menarik bagi anak, dan (5)
menumbuhkan aktivitas belajar anak (learning aktivities). (Badru Zaman, dkk.
2005)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar