E-Commerce merupakan salah satu
keunggulan dari Internet. Ada beberapa sebutan E-Commerce yaitu Internet
Commerce, Ecom, atau Immerce, yang pada dasarnya semua sebutan di atas
mempunyai makna yang sama. Istilah-istilah tersebut berarti membeli atau
menjual secara elektronik, dan kegiatan ini dilakukan pada jaringan Internet.
E-Commerce juga dapat berarti pemasangan iklan, penjualan dan dukugan dan
pelayanan yang terbaik menggunakan sebuah web shop 24 jam sehari bagi seluruh
pelanggannya.
Bryan A. Garner menyatakan bahwa
“E-Commerce the practice of buying and selling goods and services trough online
consumer services on the Internet. The e, ashortened from electronic, has
become a popular prefix for other terms associated with electronic
transaction”. Dapat dikatakan bahwa pengertian e-commerce yang dimaksud adalah
pembelian dan penjualan barang dan jasa dengan menggunakan jasa komputer online
di Internet
Definisi dari
E-Commerce menurut Kalakota dan Whinston dapat ditinjau dalam perspektif
berikut:
a. Dari
perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi,
atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik
lainnya.
b. Dari
perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi dari teknologi yang menuju
otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
c. Dari
perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan
perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan ketika
meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan pengiriman.
d. Dari
perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual
barang ataupun informasi melalui Internet dan sarana online lainnya.
Tapi dalam penulisan penelitian
ini penulis mengambil pengertian Ecommerce sebagai alat/cara modern untuk lebih
memperkenalkan sebuah usaha kepada masyarakat melalui kecanggihan teknologi
Internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar