Senin, 14 November 2016

Sumber Bahan Ajar


            Sumber bahan ajar merupakan tempat di mana bahan ajar dapat diperoleh. Dalam mencari sumber bahan ajar kita dapat memanfaatkan sumber seperti koran, majalah, hasil penelitian, dan sebagainya. Anak didik juga dapat dilibatkan dalam rangka mencari bahan ajar, karena sekaligus mendidik anak didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran.
            Adapun sumber-sumber bahan ajar adalah:
  1. Buku teks
Buku  teks yang diterbitkan oleh berbagai penerbit dapat dipilih untuk digunakan sebagai sumber bahan ajar. Buku yang dirujuk tidak harus satu buku, satu pengarang atau satu penerbit. Semakin banyak buku yang digunakan akan semakin baik.
  1. Laporan Hasil Penelitian
Laporan hasil penelitian  yang dterbitkan oleh lembaga penelitain sangat berguna untuk mendapatkan  sumber bahan ajar yang aktual dan mutakhir
  1. Jurnal
Penerbitan berkala yang berisi hasil pemikiran sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai sumber bahan ajar. Jurnal-jurnal tersebut berisikan berbagai hasil penelitian dan pendapat dari para ahli dibidangnya masing-masing yang telah dikaji kebenarannya.
  1. Pakar Bidang Studi
Pakar atau bidang studi penting digunakan sebagai sumber bahan ajar. Pakar tadi dapat dimintai konsultasi mengenai kebenaran materi atau bahan ajar.

  1. Profesional
Kalangan profesional adalah orang-orang yang bekerja pada bidang tertentu. Kalangan perbankan misalnya, tentu ahli di bidang ekonomi dan keuangan.
  1. Buku Kurikulum
Buku kurikulum  penting untuk digunakan sebagai sumber bahan ajar. Karena berdasar kurikulum itulah standar kompetensi, kompetensi dasar, dan materi bahan dapat ditemukan.
  1. Penerbitan Berkala seperti harian, mingguan dan bulanan
Penerbitan berkala seperti harian koran banyak berisikan informasi yang berkenaan dengan bahan ajar suatu mata pelajaran. Penyajian dalam koran-koran atau mingguan menggunakan bahasa yang populer yang mudah dipahami.
  1. Internet
Bahan ajar dapat diperoleh melalui internet.
  1. Media audiovisual
Berbagai jenis media audiovisual berisikan pula bahan ajar untuk berbagai jenis mata pelajaran.
  1. Lingkungan
Berbagai lingkungan seperti lingkungan alam, lingkungan sosial, lingkungan seni budaya, teknik, industri, dan ekonomi dapat digunakan sebagai bahan ajar.





Tidak ada komentar: