Focus
Discusion Group dianggap sebagai salah satu jenis
pendidikan yang sangat penting. Tersirat bahwa mereka yang berperan aktif
adalah orang yang cukup ahli dalam proses kelompok untuk memanfaatkan teknik
secara penuh. Hal yang sering terjadi adalah mereka sangat mungkin tergerak
untuk bertindak setelah diskusi terbuka ini.
Metode Focus Discusion Group ialah suatu cara
penyampaian bahan pelajaran dan guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif
pemecahan masalah. Dalam kehidupan modern ini banyak sekali masalah yang
dihadapi oleh manusia; sedemikian kompieksnya masalah tersebut sehingga tak
mungkin hanya dipecahkan dengan satu jawaban saja. tetapi kita harus
menggunakan segala pengetahuan kita untuk memberi pemecahan yang terbaik. Ada
kemungkinan terdapat lebih-dari satu jawaban yang benar sehingga harus
menemukan jawaban yang paling tepat di antara sekian banyak jawaban tersebut.
Pentingnya Focus Discusion Group adalah terciptanya
lingkungan yang sesuai untuk meningkatkan kebebbasan mengeluarkan pendapat.
Jika memungkinkan setiap peserta saling berhadapan duduknya. Focus Discusion Group memerlukan seorang
pimpinan yang ahli untuk mengatur jalannya diskusi sehingga semua peserta
mempunyai kesempatan untuk menyatakan pendapat mereka. Ia harus seorang pemberi
semangat, seorang pemandu yang bermutu dan mempunyai kemampuan menjaga
kelancaran diskusi. Ia harus mampu menyimpulkan, mengevaluasi dan menjelaskan
pandangan yang berbeda tanpa melukai perasaan orang lain. Sejauh setiap pserra
didengar pendapatnya, berbagai kemampuan dan latar belakang peserta sering
menghasilkan produktivitas tinggi.
Kecakapan untuk memecahkan
masalah dapat dipelajari. Untuk itu siswa harus dilatih sejak kecil. Persoalan
yang kompleks sering kita jumpai dalam kehidupan bermasyarakat, karenanya
dibutuhkan pemecahan atas dasar kerjasama. Dalam hal ini diskusi merupakanjalan
yang banyak memberi kemungkinan pemecahan terbaik. Selain memberi kesempatan
untuk mengembangkan ketrampilan memecahkan masalah, juga dalam kehidupan yang
demokratis kita diajak untuk hidup bermusyawarah, mencari keputusan-keputusan
atas dasar persetujuan bersama. Bagi anak-anak, latihan untuk peranan peserta
dalam kehidupan di masyarakat.
Dengan demikian secara sekilas
metode tanya jawab dengan Focus Discusion
Group saling mencakup tetapi berbeda. Ada pertanyaan yang mengandung unsur
diskusi, tetapi ada yang tidak. Dengan diskusi guru berusaha mengajak siswa
untuk memecahkan masalah. Untuk pemecahan suatu masalah diperlukan
pendapat-pendapat berdasarkan pengetahuan yang ada, dengan sendirinya
kemungkinan terdapat lebih dari satu jawaban, malah mungkin terdapat banyak
jawaban yang benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar