Senin, 14 November 2016

Pengertian Belajar


Sebagian terbesar dari proses perkembangan berlangsung melalui kegiatan belajar. Belajar selalu berkenaan dengan perubahan-perubahan pada diri orang yang belajar, apakah itu mengarah pada yang lebih baik ataupun yang kurang baik. Ada beberapa macam pengertian belajar seperti diungkapkan oleh tokoh-tokoh pendidikan.
Hilgard dan Bower dalam Ngalim Purwanto (2002: 84) mengemukakan belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalaman yang berulang-ulang dalam siatuasi itu, dimana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atas dasar kecenderungan respon pembawaan, kematangan atau keadaan sesaat seseorang (misalnya kelelahan pengaruh obat dan sebagainya).
Morgan dalam Ngalim Purwanto (2002: 84) menyebutkan bahwa belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
Menurut Witheritong dalam Nana syaodih Sukmadinata (2005:155) belajar adalah suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai pola baru dari pada reaksi yang berupa kecakapan, sikap, kebiasaan, kepanaian atau suatu pengertian.
Dari berbagai definisi diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa: Belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku baik kearah yang lebih baik maupun perubahan kearah yang lebih buruk. Belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi dengan adanya latihan atau karena adanya pengalaman. Agar dapat disebut belajar maka perubahan itu harus bersifat mantap dan tidak hanya sesaat. Tingkah laku yang mengalami perubahan dalam belajar menyangkut berbagai aspek baik fisik maupun psikis.

Tidak ada komentar: