Selasa, 22 November 2016

Landasan Konsep dan Teori Belajar Tuntas (Mastery Learning Theory) (skripsi dan tesis)


Landasan konsep dan teori belajar tuntas (Mastery Learning Theory) adalah pandangan tentang kemampuan siswa yang dikemukakan oleh John B. Carroll pada tahun 1963 berdasarkan penemuannya yaitu “Model of School Learning” yang kemudian dirubah oleh Benyamin S. Bloom menjadi model belajar yang lebih operasional. Selanjutnya oleh James H. Block model tersebut lebih disempurnakan lagi. Sedangkan menurut Carroll bakat atau pembawaan bukanlah kecerdasan alamiah, melainkan jumlah waktu yang diperlukan oleh siswa untuk menguasai suatu materi pelajaran tertentu. Benyamin melaksanakan konsep belajar tuntas itu ke dalam kelas melalui proses belajar mengajar pelaksanaaannya meliputi : Bagi satuan pelajaran disediakan waktu belajar yang tetap dan pasti, tingkat penguasaan materi dirumuskan sebagai tingkat penguasaan tujuan pendidikan yang essensial, untuk lebih menggalakkan konsep belajar tuntas James H. Block mencoba mengurangi waktu yang diperlukan untuk mempelajari suatu materi pelajaran di dalam waktu yang tersedia, yaitu dengan cara meningkatkan semaksimal mungkin kualitas pengajaran (Budhisme, 2007: 4).
Jadi pelaksanaan oleh James H Block mengandung arti bahwa : Waktu yang sebenarnya digunakan diusakan diperpanjang semaksimal mungkin, waktu ytang tersedia diperpendek sampai semaksimal mungkin dengan cara memberikan pelayanan yang optimaldan tepat
4.  

Tidak ada komentar: