1.
Pengertian
Model Pembelajaran “Everyone Is A Teacher
Here”
Everyone is a teacher here ialah strategi yang
sangat tepat untuk mendapatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara
individual. Strategi ini memberi kesempatan kepada setiap peserta didik untuk
berperan sebagai guru bagi kawan-kawannya. Strategi ini juga membuat peserta
didik yang selama ini tidak mau terlibat akan ikut serta dalam pembelajaran secara
aktif.
2.
Pelaksanaan
Model Pembelajaran “Everyone Is A Teacher
Here”
Strategi pembelajaran “everyone is a teacher here” merupakan salah satu cara pemecahan
masalah untuk memperoleh partisipasi kelas yang besar dan tanggung jawab
individu. Strategi ini memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk
bertindak sebagai seorang pengajar terhadap peserta didik lain (Silberman,
2009). Strategi “everyone is a teacher
here” yaitu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan proses
pembelajaran siswa, dan dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh
pembelajaran pada berbagai mata pelajaran, khususnya pencapaian tujuan yaitu meliputi aspek:
kemampuan mengemukakan pendapat, kemampuan menganalisa masalah, kemampuan
menuliskan pendapat-pendapatnya (kelompoknya) setelah melakukan pengamatan,
kemampuan menyimpulkan, dan lain-lain. Penerapan dari strategi “everyone is a teacher here” yaitu dimulai dari guru memberikan bahan/sumber
bacaan yang sesuai dengan pokok bahasan yang akan diajarkan.
Siswa kemudian
ditugaskan untuk membaca dan membuat sebuah pertanyaan dari materi/bahan yang
sedang akan diajarkan. Pertanyaan tersebut dibuat dalam suatu kartu yang
dipersiapkan oleh guru secara kelompok. Setelah selesai siswa membuat
pertanyan, kartu pertanyaan (card quest)
tersebut dikumpulkan kemudian dibagikan kembali kepada siswa secara acak. Selanjutnya,
yaitu siswa diberi tugas untuk melakukan presentasi dengan membaca pertanyaan
dan menjawabnya, siswa lain diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan. Guru
pada tahapan ini dapat mengevaluasi (memberikan penilaian). Berdasarkan uraian
tersebut, melalui strategi pembelajaran strategi “everyone is a teacher here” diharapkan siswa akan lebih bergairah
dan senang dalam menerima pelajaran sejarah (Nugroho, 2009)
Secra singkat maka langkah-langkah pembelajaran
dengan strategi “everyone is a teacher here” antara lain: (a) membagikan secarik
kertas kepada seluruh peserta didik dan kemudian meminta mereka untuk
menuliskan satu soal tentang materi pelajaran yang sedang dipelajari di kelas
atau sebuah topik khusus yang akan didiskusikan di dalam kelas, (b)
mengumpulkan kertas, acak kertas tersebut kemudian bagikan kepada setiap
peserta didik. Pastikan bahwa tidak ada peserta didik yang menerima soal yang
ditulis sendiri. Minta mereka untuk membaca dalam hati soal dalam kertas
tersebut kemudian memikirkan jawabannya. (c) meminta peserta didik secara
sukarela untuk membacakan soal tersebut dan menjawabnya (d) setelah jawaban diberikan,
mintalah perserta didik lainnya untuk menambahkan, (e) melanjutkan dengan
sukarelawan berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar