Senin, 14 November 2016

Pengertian Internet


Internet merupakan jaringan informasi terluas saat ini. Melalui internet dapat diakses informasi secara cepat, akurat dan tidak dibatasi jarak. Pengguna internet dapat mengetahui kejadian di suatu tempat dan pada waktu yang sama meskipun tidak berada di tempat tersebut. Simarmata (2009) mengemukakan bahwa internet merupakan kumpulan dari jutaan komputer. Penggunaan internet memungkinkan kita memperoleh informasi dari kumpulan komputer tersebut dengan syarat pemilik komputer memberikan izin akses. Fadli (2009) mengatakan bahwa internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya.
“Internet adalah jaringan informasi komputer mancanegara yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya para profesional mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui jaringan ini.” (Sanjaya, 1995). Berdasarkan pendapat tersebut dapat disimpulkan internet sangat berperan dalam sistem informasi dan komunikasi saat ini. Internet memberikan kesempatan untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tidak terbatas. Perkembangan teknologi internet akan berdampak pada semua bidang termasuk bidang pendidikan.
Berbagai aplikasi internet dapat digunakan sebagai layanan informasi, apalagi dengan bermunculannya situs-situs baru yang memberikan peluang kepada setiap orang untuk memanfaatkan aplikasi dari internet untuk dunia kerja, dunia usaha dan pribadi.  Aplikasi paling popular  yang digunakan dalam internet adalah World Wide Web yang lebih dikenal dengan www atau web. Simarmata (2009) mengatakan web  merupakan sebuah sistem informasi yang disajikan dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain yang tersimpan dalam server web internet. Dengan demikian, web adalah bagian dari internet.

Tidak ada komentar: