Pendidikan jasmani menurt kurikulum
SMP 2004, Dekdiknas (2003:6) adalah proses pendidikan yang memanfaatkan
aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk
mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler,
perseptual, kognitif dan emosional dalam kerangka sistem pendidikan jasmani
Pendidikan jasmani seperti kegiatan
pendidikan lainnya direncanakan sedemikian rupa untuk mencapai perkembangan
total dari peserta didk yang mencakup bukan saja perkembangan fisik,
intelegensi, emosi dan sosial akan tetapi menyangkut juga aspek spiritual di dalam
pendidikan jasmani sangat memperhatikan landasan-landasan kesehatan, persiapan
dan kematangan.
Menurut Abdul Gafur yang dikutip oleh
Arma Abdullah dan Agus Manadji (1994:5) :
“
Pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan seseorang sebagai perseorangan
maupun sebagai anggota masyarakata yang dilakukan secara sadar dan sistematik
melalui kegiatan jasmani yang intensif dalam rangka memperoleh peningkatan
kemampuan dan ketrampilan jasmani, pertumbuhan kecerdasan dan pembentukan
watak.”
Dari beberapa pengertian pendidikan
jasmani seperti di atas dapat disimpulkan bahwa pendidikan jasmani adalah
bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan secara keseluruhan yang
mengutamakan aktivitas jasmani dalam pertumbuhan seluruh aspek yang dimiliki
siswa baik aspek kognitif, afektif motorik dan aspek kesegaran jasmani.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar