Dalam kurikulum SMP 2004 (Depdiknas, 2003:6-7)
disebutkan tujuan pendidikan jasmani setelah mengkuti proses pembelajaran
pendidikan jasmani dalam jangka waktu tertentu, siswa akan :
1.
Meletakkan dasar karakter yang kuat melalui
internalisasi nilai dalam pendidikan jasmani.
2.
Membangun landasan kepribadian yang kuat, sikap cinta
damai, sikap sosial dan toleransi dalam konteks kemajemukan budaya, etnis dan
agama.
3.
Menumbuhkan kemampuan berfikir kritis melalui
tugas-tugas pembelajaran pendidikan jasmani.
4.
Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin,
bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis melalui aktivitas
jasmani
5.
Mengembangkan ketrampilan gerak dan ketrampilan teknik
serta berbagi strategi berbagi permainan dan olahraga, aktivitas pengembangan,
senam aktivitas ritmik, akuatik (aktivitas air) dan pendidikan luar kelas (outdoor education)
6.
Mengembangkan ketrampilan pengelolaan diri dalam upaya
pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui
berbagai aktivitas jasmani
7.
Mengembangkan ketrampilan untuk menjaga keselamatan
diri sendiri dan orang lain
8.
Mengetahui dan memahami konsep aktivitas jasmani sebagi
informasi untuk mencapai kesehatan, kebugaran dan pola sehat.
9.
Mampu mengisi waktu luang dengan aktivitas jasmani yang
bersifat rekreatif
Menurut Sukintaka (2001:14) maka dapat disimpulkan
bahwa tujuan pendidikan jasmani terdiri dari empat ranah ialah : jasmani,
psikomotor, afektif, kognitif. Sedangkan menurut Arma Abdullah dan Agus Mandji
(1994:17) tujuan pendidikan jasmani adalah perkembangan optimal dari individu
utuh dan berkemampuan menyesuaikan diri secara jasmaniah, sosial dan mental
melalui pelajaran yang terpimpin dan partisipasi dalam olahraga yang dipilih.
Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa
proses pembelajaran pendidikan jasmani adalah proses interaksi belajar antara
guru dengan peserta didik melalui aktivitas fisik yang mempunyai tujuan
meningkatkan kemampuan fisik, juga membantu meningkatkan perkembangan sosial
dan mental serta membantu meningkatkan kemampuan intelektual siswa.
b.
Fungsi Pendidikan Jasmani
Menurut Sugiyant dan Sujarwo (1992:195) fungsi
pendidikan jasmani adlah sebagi berikut :
1.
Mengembangkan ketrampilan gerak pengetahuan tentang
bagaimana dan mengapa seseorang bergerak serta pengetahuan tentang cara-cara
dapat diorganisasi.
2.
Untuk belajar menguasai pola-pola gerak ketrampilan
secara efektif melalui latihan, pertandingan, tari dan renang.
3.
Memperkaya pengerian tentang konsep ruang, waktu, gaya dalam hubungannya
dengan gerak tubuh
4.
Mengekspresikan pola-pola perilaku personal dalam
hubungannya dengan gerak tubuh.
5.
Meningkatkan kondisi jantung, paru-paru, otot dan
sistem organ tubuh lainnya untuk memnuhi kebutuhan sehari-hari dan keadaan
darurat.
6.
Memperoleh manfaat serta dapat menghargai kondisi fisik
dan bentuk tubuh yang baik, serta kondisi perasaan yang selaras.
7.
Mengembangkan minat dan keinginan berpartisipasi dalam
olahraga sepanjang hidup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar