Selasa, 22 November 2016

Pembelajaran (skripsi dan tesis)


Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar dan disengaja (Darsono, 2002:26). Pembelajaran pada hakekatnya adalah suatu proses, yaitu proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada disekitar anak didik, sehingga  dapat menimbulkan dan mendorong anak didik melakukan proses belajar.
Menurut Hamalik (2002:58) mengemukakan, pembelajaran adalah aktivitas menorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya sehingga menciptakan kesempatan bagi anak untuk melakukan proses belajar secara efektif.
Ada beberapa ciri yang terkandung didalam pembelajaran, yaitu : 1) Pembelajaran dilakukan secara sadar dan direncanakan secara sistemtis, 2) Pembelajaran dapat menumbuhkan perhatian dan motivasi peserta didik dalam belajar, 3) Pembelajaran dapat menyediakan bahan belajar yang menarik dan menentang bagi peserta didik, 4) Pembelajaran  dapat mengoptimalkan alat Bantu belajar yang tepat dan menarik, 5) Pembelajaran dapat menciptakan suasana yang aman dan menyenangkan bagi peserta didik, dan 6) Pembelajaran dapat membuat peserta didik siap menerima pelajaran (Darsono, 2002:25)
Dalam pembelajaran IPS Ekonomi mendasarkan kepada bagaimana peserta didik belajar secara aktif. Belajar IPS Ekonomi memerlukan konsep yang akan melahirkan rumus, teorema atau dalil, maka peranan guru IPS Ekonomi untuk memberikan motivasi kepada peserta didik agar belajar sehingga dapat tercapai tujuan Pembelajaran dirasa cukup berat. Karena pada umumnya bagi peserta didik IPS Ekonomi merupakan pelajaran yang kurang menarik bahkan ada yang beranggapan sangat membosankan. Berpijak dari uraian tersebut, guru IPS Ekonomi harus dapat memberikan motivasi serta melalukan usaha lain dalam menyampaikan materi di kelas, sehingga peserta didik  termotivasi untuk mempelajari IPS Ekonomi tanpa dihantui rasa takut dan bosan. Hal ini  merupakan salah satu usaha dalam mengoptimalkan atau memilih metode dan alat Bantu yang tepat dalam mengajar, guru bertugas membuat rancangan untuk memudahkan untuk mencapai tujuan pendidikan.
Agar proses pembelajaran IPS Ekonomi berlangsung dengan baik maka diperlukan strategi Pembelajaran IPS Ekonomi. Strategi  berkaitan dengan cara-cara yang dipilih  dalam menentukan ruang lingkup, urutan bahasan kegiatan dan sebagainya untuk  menyampaikan bahasan IPS Ekonomi adalah kegiatan yang dipilih guru dalam proses pembelajaran IPS Ekonomi yang dapat memberikan fasilitas belajar sehingga memperlancar tujuan belajar IPS Ekonomi. Strategi Pembelajaran IPS Ekonomi merupakan suatu kegiatan yang memelihara konsistensi dan kekompakan setiap komponen guru yang tidak hanya terjadi pada tahap pelaksanaan evaluasi. Agar dapat membawa strategi pembelajaran IPS Ekonomi, harus menguasai bidang studi yang akan dibawakan. Berhasil atau tidaknya strategi Pembelajaran IPS Ekonomi tergantung dari kondisi dan situasi murid serta kemampuan guru
Tipe belajar peserta didik perlu diketahui oleh pendidik, melalui observasi agar pendidik dapat menyesuaikan metode apa yang akan diterapkan pada saat mengajar. Tipe belajar peserta didik berbeda-beda, karena banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya : lingkungan keluarga, orang tua, dan sebagainya. Pendidik yang bijaksana dalam pelaksanaan pembelajaran selalu berfikir bagaimana murid-muridnya, apakah murid-muridnya dapat mengerti apa yang disampaikan, apakah murid mengalami proses belajar, apakah materinya sesuai dengan pemahaman dan kematangan anak, dan sebagainya. (Adrian, 2004 : 1).

Tidak ada komentar: