Senin, 14 November 2016

Pengertian Outbound Training


Outbound berasal dari kata Out of Boundaries yang artinya pembelajaran dengan menggunakan metode yang berbeda dari biasanya. Outbound adalah kegiatan di alam terbuka. Outbound juga dapat memacu semangat belajar. Outbound merupakan sarana penambah wawasan pengetahuan yang didapat dari serangkaian pengalaman berpetualang sehingga dapat memacu semangat dan kreativitas seseorang. (http://www.kimpraswil.go.id/ itjen/news/2003/ij0306251).
Diungkapkan oleh Asti (2009), Outbound adalah kegiatan pelatihan di alam terbuka yang memerlukan ketahanan sekaligus tantangan fisik yang besar (Asti, 2009). Sedangkan menurt Gras (1993) Outbound Training adalah metode pelatihan untuk meningkatkan performa organisasi melalui pembelajaran dan pengalaman. Program-program yang diadakan seringkali mengacu kepada pelatihan melalui petualangan dan pengembangan manajemen outdoor (di luar kelas) yang juga dapat digunakan untuk terapi kejiwaan.
Tidak jauh berbeda dari itu, Taufik (2010) menyebutkan Outbound sebagai serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sebuah tim dan dibantu oleh instruktur. Program-program pada Outbound Training merupakan program-program berupa aktifitas atau kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan aspek-aspek seperti: communication skills, planningdan motivation.
Dengan demikian pengertian outbound adalah suatu kegiatan yang di lakukan di luar ruangan dengan melibatkan permainan-permainan. Dimana jenis permainan disesuaikan dengan tujuan yang telah ditetapkan pada awal pelaksanaan outbound tersebut berlangsung. 

Tidak ada komentar: