Selasa, 22 November 2016

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar (skripsi dan Tesis)


1)   Faktor Dalam
Faktor dalam yaitu faktor-faktor yang dapat menpengaruhi  keberhasilan belajar yang berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri. Faktor dalam ini meliputi hal-hal  berikut :
a)   Kondisi fisiologi, pada umumnya sangat berpengaruh terhadap belajar seseorang. Orang yang dalam keadaan segar jasmaninya akan berbeda belajarnya dari orang yang dalam keadaan lelah.
b)   Kondisi  Psikologis, beberapa faktor psikologis yang utama yang dapat mempengaruhi belajar antara lain: Kecerdasan besar pengaruhnya dalam  keberhasilan peserta didik untuk mempelajari sesuatu atau mengikuti suatu program pendidikan; Bakat, di samping kecerdasan, bakat merupakan faktor yang besar pengaruhnya terhadap proses dan hasil belajar peserta didik; Minat, kalau peserta didik mempelajari sesuatu dengan penuh minat, maka dapat diharapkan hasilnya lebih baik; Motivasi adalah kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan seseuatu, jadi belajar adalah kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk belajar, timbulnya suatu kebutuhan yang dihayati dan dorongan untuk memenuhi kebutuhan itu, dorongan itu kemudian dimanifestasikan dengan bertingkah laku tertentu sebagai usaha untuk mencapai tujuan, yaitu terpenuhinya kebutuhan yang dihayati, setelah tujuan tercapai, timbulah perasaan puas dan lega karena kebutuhannya telah terpenuhi; Emosi yang lebih seperti mudah marah, tersinggung, merasa tertekan, merasa  tidak aman dapat mempengaruhi keberhasilan anaka dalam belajar. Perasaan aman, gembira,  bebas merupakan aspek yang mendukung dalam kegiatan belajar; Kemampuan kognitif adalah  kemampuan  menalar atau penalaran yang dimiliki peserta didik. Kemampuan penalaran yang tinggi akan memungkinkan seseorang dapat bekerja lebih baik dari pada peserta didik yang memiliki kemampuan  penalaran sedang.
2)   Faktor Luar
Faktor luar yaitu faktor yang berasal dari luar diri peserta didik yang dapat mempengaruhi proses belajar. Faktor ini meliputi : Faktor Lingkungan alami yaitu kondisi alami yang dapat berpengaruh terhadap proses belajar, dan lingkungan sosial, baik yang berujud manusia maupun wujud lain yang langsung berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar.  Faktor instrumental adalah faktor adanya dan pengoptimalanya dirancangkan senilai dengan hasil belajar yang diharapkan, meliputi : Kurikulum, program,
Sarana dan fasilitas, gedung dan tempat belajar peserta didik termasuk di dalmnya  penerangan, fentilasi, tempat duduk, dapat mempengaruhi keberhasilan dalam belajar. Sarana yang memadai akan membuat iklim kondusif untuk belajar. Guru atau tenaga guru, kelengkapan jumlah guru, kualitas guru, cara mengajar, kemampuan, kedisiplinan yang dimiliki oleh setiap guru akan mempengaruhi proses dan hasil belajar anak.

Tidak ada komentar: