1) Faktor Dalam
Faktor dalam yaitu faktor-faktor
yang dapat menpengaruhi keberhasilan
belajar yang berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri. Faktor dalam
ini meliputi hal-hal berikut :
a) Kondisi fisiologi, pada umumnya sangat berpengaruh terhadap
belajar seseorang. Orang yang dalam keadaan segar jasmaninya akan berbeda
belajarnya dari orang yang dalam keadaan lelah.
b) Kondisi Psikologis,
beberapa faktor psikologis yang utama yang dapat mempengaruhi belajar antara
lain: Kecerdasan besar pengaruhnya dalam
keberhasilan peserta didik untuk mempelajari sesuatu atau mengikuti
suatu program pendidikan; Bakat, di samping kecerdasan, bakat merupakan faktor
yang besar pengaruhnya terhadap proses dan hasil belajar peserta didik; Minat,
kalau peserta didik mempelajari sesuatu dengan penuh minat, maka dapat diharapkan
hasilnya lebih baik; Motivasi adalah kondisi psikologis yang mendorong
seseorang untuk melakukan seseuatu, jadi belajar adalah kondisi psikologis yang
mendorong seseorang untuk belajar, timbulnya suatu kebutuhan yang dihayati dan
dorongan untuk memenuhi kebutuhan itu, dorongan itu kemudian dimanifestasikan
dengan bertingkah laku tertentu sebagai usaha untuk mencapai tujuan, yaitu
terpenuhinya kebutuhan yang dihayati, setelah tujuan tercapai, timbulah
perasaan puas dan lega karena kebutuhannya telah terpenuhi; Emosi yang lebih
seperti mudah marah, tersinggung, merasa tertekan, merasa tidak aman dapat mempengaruhi keberhasilan
anaka dalam belajar. Perasaan aman, gembira,
bebas merupakan aspek yang mendukung dalam kegiatan belajar; Kemampuan
kognitif adalah kemampuan menalar atau penalaran yang dimiliki peserta
didik. Kemampuan penalaran yang tinggi akan memungkinkan seseorang dapat
bekerja lebih baik dari pada peserta didik yang memiliki kemampuan penalaran sedang.
2) Faktor Luar
Faktor luar yaitu faktor yang
berasal dari luar diri peserta didik yang dapat mempengaruhi proses belajar.
Faktor ini meliputi : Faktor Lingkungan alami yaitu kondisi alami yang dapat
berpengaruh terhadap proses belajar, dan lingkungan sosial, baik yang berujud
manusia maupun wujud lain yang langsung berpengaruh terhadap proses dan hasil
belajar. Faktor instrumental adalah
faktor adanya dan pengoptimalanya dirancangkan senilai dengan hasil belajar
yang diharapkan, meliputi : Kurikulum, program,
Sarana dan fasilitas, gedung dan
tempat belajar peserta didik termasuk di dalmnya penerangan, fentilasi, tempat duduk, dapat
mempengaruhi keberhasilan dalam belajar. Sarana yang memadai akan membuat iklim
kondusif untuk belajar. Guru atau tenaga guru, kelengkapan jumlah guru,
kualitas guru, cara mengajar, kemampuan, kedisiplinan yang dimiliki oleh setiap
guru akan mempengaruhi proses dan hasil belajar anak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar