Sabtu, 12 November 2016

Tujuan Pembelajaran


Menurut Uno (Yamin dan Maisah, 2009:130) “tujuan pembelajaran merupakan salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan dalam merencremajaan pembelajaran”. Hal tersebut disebabkan segala kegiatan pembelajaran muaranya adalah pada tercapainya tujuan pembelajaran.
Banyak pendapat para ahli dalam Uno (Yamin dan Maisah, 2009:131) mengemukakan definisi tujuan pembelajaran seperti:
1)      Robert F. Mager, tujuan pembelajaran adalah sebagai perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan kompetensi tertentu.
2)      Kemp, ttujuan pembelajaran adalah suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan. Perilaku ini dapat berupa fakta yang kongkrit serta dapat dilihat dan fakta yang tersamar.
3)      Fred Prevical dan Henry Ellington, tujuan pembelajaran adalah suatu pernyataan yang jelas dan menunjukkan penampilan atau keterampilan siswa tertentu yang diharapkan dapat dicapai sebagai hasil belajar.
Proses pembelajaran itu menekankan pencapaian tujuan baik berdimensi kognitif, afektif, maupun psikomotor sehingga pencapaian hasil belajar menjadi terpadu dari totalitas kepribadian peserta didik. Pencapaian hal dimaksud tergantung pada profesionalitas dan pengabdian guru terhadap nilai-nilai kepribadian peserta didik/pembelajaran. Syafarudin dan Irwan (Rohani, 2008:28) mengemukakan bahwa “tujuan pengajaran adalah pernyataan umum dari apa yang akan dapat dilakukan pelajar sebagai hasil pengajaran yang dilakukan”. Sebuah model mengajar mengharuskan tujuan pembelajaran dibuat terlebih dahulu.

Tidak ada komentar: