Menurut Uno
(Yamin dan Maisah, 2009:130) “tujuan pembelajaran merupakan salah satu aspek
yang perlu dipertimbangkan dalam merencremajaan pembelajaran”. Hal tersebut
disebabkan segala kegiatan pembelajaran muaranya adalah pada tercapainya tujuan
pembelajaran.
Banyak pendapat
para ahli dalam Uno (Yamin dan Maisah, 2009:131) mengemukakan definisi tujuan
pembelajaran seperti:
1)
Robert F. Mager, tujuan pembelajaran
adalah sebagai perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh
siswa pada kondisi dan kompetensi tertentu.
2)
Kemp, ttujuan pembelajaran adalah suatu
pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perilaku atau penampilan yang
diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang
diharapkan. Perilaku ini dapat berupa fakta yang kongkrit serta dapat dilihat
dan fakta yang tersamar.
3)
Fred Prevical dan Henry Ellington,
tujuan pembelajaran adalah suatu pernyataan yang jelas dan menunjukkan
penampilan atau keterampilan siswa tertentu yang diharapkan dapat dicapai
sebagai hasil belajar.
Proses
pembelajaran itu menekankan pencapaian tujuan baik berdimensi kognitif,
afektif, maupun psikomotor sehingga pencapaian hasil belajar menjadi terpadu
dari totalitas kepribadian peserta didik. Pencapaian hal dimaksud tergantung
pada profesionalitas dan pengabdian guru terhadap nilai-nilai kepribadian
peserta didik/pembelajaran. Syafarudin dan
Irwan (Rohani, 2008:28) mengemukakan bahwa “tujuan pengajaran adalah pernyataan
umum dari apa yang akan dapat dilakukan pelajar sebagai hasil pengajaran yang
dilakukan”. Sebuah model mengajar mengharuskan tujuan pembelajaran dibuat
terlebih dahulu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar