Selasa, 22 November 2016

Ciri-ciri belajar/mengajar dengan prinsip Belajar Tuntas (skripsi dan tesis)


Pada dasarnya ada enam macam ciri pokok pada belajar mengajar dengan prinsip belajar tuntas, yaitu : Berdasarkan tujuan instruksional yang hendak dicapai yang sudah ditentukan lebih dahulu, memperhatikan perbedaan individu siswa (asal perbedaan) terutama dalam kemampuan dan kecepatan belajarnya, menggunakan prinsip belajar siswa aktif, menggunakan satuan pelajaran yang kecil, menggunakan system evaluasi yang kontinyu dan berdasarkan atas kriteria, agar guru maupun siswa dapat segera memperoleh balikan, menggunakan program pengayaan dan program perbaikan (Budhisme, 2007: 5).
Ciri-ciri belajar tuntas antara lain : Siswa dapat belajar dengan baik dalam kondisi pengajaran yang tepat sesuai dengan harapan pengajar, bakat seorang siswa dalam bidang pengajaran dapat diramalkan, baik tingkatannya maupun waktu yang dibutuhkan untuk mempelajari bahan tersebut. Bakat berfungsi sebagai indeks tingkatan belajar siswa dan sebagai suatu ukuran satuan waktu, tingkat hasil belajar bergantung pada waktu yang digunakan secara nyata oleh siswa untuk mempelajari sesuatu dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan untuk mempelajarinya. Model Carroll, yaitu tingkat belajar sama dengan ketentuan, kesempatan belajar bakat, kualitas pengajaran, dan kemampuan memahami pelajaran, setiap siswa memperoleh kesempatan belajar yang berdiferensiasi dan kualitas pengajaran ynag berdiferensiaisi pula (Hikmah, 2009: 5).
6.  

Tidak ada komentar: