Senin, 14 November 2016

Prinsip-prinsip Pemilihan Bahan Ajar


            Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan dalam penyusunan bahan ajar atau materi pelajaran. Prinsip-prinsip dalam pemilihan materi pembelajaran meliputi prinsip relevansi, konsistensi, dan kecukupan. Prinsip relevansi artinya keterkaitan. Materi pembelajaran hendaknya  relevan atau ada kaitannya dengan pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar.
            Prinsip konsistensi artinya keajegan. Jika kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa empat macam, maka bahan ajar yang harus diajarkan juga harus meliputi empat macam. Terakhir adalah prinsip kecakupan, artinya materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompetensi dasar  yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit  dan tidak boleh terlalu banyak.  Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebaliknya jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.
Bahan ajar merupakan informasi, alat, dan teks yang diperlukan guru untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan guru untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan dimaksud bisa  bahan tertulis maupun tidak. (National Center for Vocational Education Research Ltd). Dari paparan ini ditegaskan bahwa bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik secara tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.
Adapun bentuk-bentuk bahan ajar adalah sebagai berikut:
  • Bahan cetak seperti hand aut, buku , modul, LKS, brosur, leaflet
  • Audio visual seperti CD/ Film, VCD
  • Audio seperti radio kaset CD, audio, PH
  • Visual : foto, gambar, model/maket
  • Multi media : CD interaktif , computer Based Learning dan internet
Paparan berikut adalah cakupan bahan ajar:
  • Judul, MP, SK, KD, Indikator,tempat
  • Petunjuk belajar (petunjuk siswa atau guru)
  • Tujuan yang akan dicapai
  • Informasi yang mendukung
  • Latihan-latihan
  • Petunjuk kerja
  • Penilaian

Tidak ada komentar: