Sabtu, 29 Mei 2021
Proses Perencanaan Produk (Skripsi & tesis)
Perencanaan produk adalah sebuah strategi yang
mengupayakan peningkatan penjualan dengan cara memperbaiki
atau memodifikasi produk atau jasa yang ada saat ini. Perancangan
produk meliputi 3 hal, yakni:
a.Perencanaan produk yang sama sekali baru (entirely new
product).
b. Redesain produk (product redesign).
c. Kemasan atau bungkus (packing, packaging).Perencanaan produk yang sama sekali baru merupakan
perancangan yang paling kompleks dan paling sulit. Pembahasan
produk yang sama sekali baru akan sudah mencakup perancangan
yang kedua (redesain) maupun yang ketiga yakni merancang
kemasan produk. Perancangan produk baru tentu saja akan
menyangkut bentuk produk atau desain produknya, karena produk
itu memang belum pernah ada. Masalah ini sering disebut sebagai
perancangan atau pengembangan produk baru.
Perencanaan produk adalah proses menciptakan ide produk
dan menindaklanjuti sampai produk diperkenalkan ke pasar. Selain
itu perusahaan harus memiliki strategi cadangan apabila produk
gagal dalam pemasarannya.Pengembangan produk biasanya
membutuhkan pengeluaran yang besar untuk penelitian dan
pengembangan. Lima pedoman tentang kapan pengembangan produk dapat
menjadi sebuah strategi yang sangat efektif:
a. Ketika organisasi memiliki produk-produk yang berhasil yang
berada ditahap kematangan dari siklus hidup pruduk; gagasanya
disini adalah menarik konsumen yang terpuaskan untuk mencoba
produk baru (yang lebih baik) sebagai hasil dari pengalaman
positif mereka dengan produk atau jasa organisasi saat ini.
b. Ketika organisasi berkompetisi di industry yang ditandai oleh
perkembangan teknologi yang cepat.
c. Ketika pesaing utama menawarkan produk berkualitas lebih baik
dengan harga “bagus”.
d. Ketika organisasi bersaing dalam industri dengan tingkat
pertumbuhan tinggi. e. Ketika organisasi memiliki kapabilitas penelitian dan
pengembangan yang sangat kua
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar