Jumat, 28 Mei 2021

Karakteristik-karakteristik Social Enterprise (skripsi dan tesis)


Certo dan Miller (2008) mengungkapkan bahwa terdapat tiga cara melihat
social entrepreneurship:
1. Misi secara keseluruhan sosial
Penciptaan nilai sosial dengan profit sebagai efek tidak langsung.
2. Performa social entrepreneurship
Sulit melakukan pengukuran performa social entrepreneurship, sebab nilai sosial
sulit diukur. Performa social entrepreneurship diukur secara ekonomi di mana
dampak sosial dapat ditelusuri dalam bentuk biaya sosial. Field dan Field (2006)
mengemukakan bahwa biaya sosial memasukan komponen biaya eksternal yakni
biaya yang dikeluarkan masyarakat maupun lingkungan sekitar akibat aktivitas
suatu perusahaan. Social entrepreneurship memberikan nilai sosial dari dampak
aktivitas-aktivitas usahanya yang berdampak pada masyarakat atau lingkungan
sekitar.
3. Pemanfaatan sumber daya
Memanfaatkan sumber daya secara sukarela. Pemanfaatan sumber daya social
entrepreneurship adalah transaksional. Sumberdaya dijadikan alat yang digunakan
sebesar-besarnya untuk tujuan tertentu baik secara ekonomi maupun sosial.

Tidak ada komentar: