Sabtu, 29 Mei 2021
Pengertian Perilaku Konsumen (Skripsi & tesis)
Engel, Blackwell dan Miniard mendefinisikan perilaku konsumen
sebagai tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan,
mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa termasuk keputusan
yang mendahului dan menyusuli tindakan ini.Mowen and Minor (2002) mendefinisikan perilaku konsumen
sebagai studi tentang unit pembelian (buying units) dan proses pertukaran
yang melibatkan perolehan, konsumsi, dan pembuangan barang, jasa,
pengalaman, serta ide-ide. Peter dan Olson (1999) berpandangan bahwa perilaku konsumen
adalah soal keputusan. Sedangkan keputusan adalah soal pilihan. Untuk lebih jelasnya mereka mengatakan bahwa keputusan meliputi suatu pilihan
antara dua atau lebih alternatif tindakan atau perilaku. Schiffman dan Kanuk (2004) dalam Rahayu N mengemukakan
bahwa perilaku konsumen adalah diperlihatkan konsumen dalam mencari,
membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan
jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Secara
sederhana, studi perilaku konsumen meliputi hal-hal sebagai berikut, Apa
yang dibeli konsumen? (What they buy?), Mengapa konsumen
membelinya? (Why they buy it?), Kapan mereka membelinya? (When they
buy it?), Dimana mereka membelinya? (Where they but it?), Berapa sering
mereka membelinya? (How often they buy it?), Berapa sering mereka
menggunakannya? (How often they use it?). Dengan kata lain perilaku konsumen meliputi aktivitas bagaimana
individu, kelompok, dan organisasi memilih, membeli, memakai, dan
membuang barang, jasa, dan gagasan atau pengalaman dalam rangka
memuaskan kebutuhan dan hasrat mereka
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar