Kamis, 31 Desember 2020

Tahap-tahap dalam Proses Pengambilan Keputusan (skripsi dan tesis)


Menurut Anoraga (2000:228) ada lima tahap dalam proses pengambilan
keputusan untuk membeli yang umum dilakukan oleh seseorang, yaitu:
1. Penenerima informasi baru dalam kebutuhan
Kebutuhan konsumen mungkin muncul karena menerima informasi
baru tentang suatu produk, kondisi ekonomi, periklanan atau
kebetulan. Selain itu gaya hidup seseorang, kondisi demografis, dan
karakteristik pribadi dapat pula mempengaruhi keputusan pembelian
seseorang.
2. Proses informasi konsumen
Meliputi pencarian sumber-sumber informasi oleh konsumen. Proses
informasi dilakukan secara selektif. Konsumen memilih informasi
yang paling relevan bagi benefit yang dicari dan sesuai dengan
keyakinan dan sikap mereka. Memproses informasi meliputi aktifitas
mencari, memperhatikan, memahami, menyimpan dalam ingatan, dan
mencari tambahan informasi.
3. Evaluasi produk
Konsumen akan mengevaluasi karakteristik dan berbagai produk atau
merek dan memilih yang mungkin paling memenuhi manfaat yang
diinginkannya.
4. Pembelian
Dalam pembelian, beberapa aktivitas lain diperlukan seperti pemilihan
toko, penentuan kapan akan membeli, dan kemampuan finansialnya.
Setelah tempat yang sesuai, waktu yang tepat dan dengan didukung
oleh daya beli maka kegiatan pembelian dilakukan.
5. Evaluasi Pasca Pembelian
Sekali konsumen melakukan pembelian maka evaluasi pasca pembelian
terjadi. Jika kinerja produk sesuai dengan harga konsumen, maka
konsumen akan puas dan menjadi loyal terhadap produk tersebu

Tidak ada komentar: