Kamis, 31 Desember 2020

Budaya organisasi (skripsi dan tesis)


Budaya organisasi merupakan acuan yang ada dalam suatu organisasi,
karena budaya organisasi sering disebut budaya kerja yang mana berhubungan dengan kinerja karyawan. Budaya perusahaan (corporate learning) memang sulit didefinisikan secara tegas dan sulit diukur, namun hal ini dapat dirasakan oleh anggota atau karyawan yang berada didalamnya.
Budaya organisasi adalah suatu pola asumsi dasar yang ditemukan dan
dikembangkan oleh suatu kelompok tertentu, karena mempelejari dan
menguasai masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal, yang telah bekerja dengan cukup baik, untuk dipertimbangkan secara layak, dan karena itu diajarkan pada anggota baru, sebagai cara yang dipersepsikan, berfikir, dan
dirasakan dengan benar dalam hubungan dengan masalah tersebut (Edgar
schein dalam wibowo, 2010 : 15).
Mangkunegara (2008 : 113), menyatakan bahwa budaya organisasi
adalah seperangkat asumsi atau sistem keyakinan, nilai – nilai dan norma yang
dikembangkan dalam organisasi yag dijadikan pedoman tingkah laku bagi
anggota – anggotanya untuk mengatasi masalah adaptasi eksternal dan adaptasi internal.
Budaya organisasi juga disebut budaya perusahaan, yaitu seperangkat
nilai – nilai atau norma – norma yang telah relatif lama berlakunya, dianut
bersama oleh para anggota organisasi (karyawan) sebagai norma perilaku
dalam menyelesakan masalah – masalah organisasi (perusahaan). Dalam
budaya organisasi terjadi sosialisasi nilai – nilai dan menginternalisasi dalam
diri para anggota, menjiwai orang per orang di dalam organisasi. Dengan
demikian budaya organisasi merupakan jiwa para anggota organisasi (Kilman
dkk, 1998)
Budaya organisasi yang kuat mendukung tujuan - tujuan perusahaan,
sebaliknya yang lemah atau negatif menghambat atau bertentangan dengan
tujuan – tujuan perusahaan. Dalam suatu perusahaan yang budaya
organisasinya kuat, nilai – nilai bersama dipahami secara mendalam, dianut,
dan diperjuangkan oleh sebagian besar oleh para anggota organisasi (karyawan perusahaan). Budaya yang kuat dan positif sangat berpengaruh terhadap perilaku dan efektifitas kinerja perusahaan sebagaimana dinyatakan oleh Deal & Kennedy (1982) Miner (1990), Robinns (1990).
Berdasarkan uraiana diatas maka dapat disimpulkan bahwa budaya
organisasi merupakan nilai – nilai yang harus dipahami oleh setiap karyawan
yang ada pada perusahaan, karena budaya organisasi merupakan suatu alat
adaptasi antara karyawan baru dengan karyawan lama yang mempunyai misi
dan visi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Tidak ada komentar: