Kamis, 31 Desember 2020

Konsep Manajemen Pemasaran (skripsi dan tesis)


Setiap perusahaan memiliki idea konsep yang berbeda mengenai
manajemen pemasaran. Suatu perusahaan mungkin akan lebih menyukai
konsep pemasaran dengan cara memproduksi barang dengan skala besar,
dengan asumsi biaya produksi bias ditekan, harga barang akan murah dan
barang akan cepat laku. Tetapi dalam perusahaan lain, mungkin akan
memiliki konsep pemasaran yang berbeda melalui peningkatan kualitas
barang yang dihasilkan. Ada 5 konsep manajemen pemasaran yaitu :
1. Konsep Produksi
Konsep ini berorientasi pada produksi dengan cara mengerahkan
segenap upaya untuk bisa mencapai efisiensi produk tinggi serta
distribusi yang luas. Tugas manajemen disini adalah memproduksi
barang sebanyak mungkin, karena para konsumen dianggap bisa
menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli
mereka.
2. Konsep Produk
Dalam konsep produk perlu diketahui bahwa seorang konsumen
mengetahui tentang kualitas produk sehingga sebuah perusahaan
harus bisa selalu meningkatkan kualitasnya. Karena seorang
konsumen akan menyukai produk yang menawarkan sebuah mutu,
performansi dan cirri-ciri yang terbaik. Tugas seorang manajemen
disini yaitu membuat produk produk yang berkualitas, karena
semua konsumen dianggap menyukai produk-produk yang
berkualitas tinggi dalam hal penampilan dan cirri-ciri.
3. Konsep Penjualan
Dalam menjualan produk merupakan salah satu pekerjaan yang
paling sulit dilakukan dalam sebuah bisnis. Sebuah perusahaan
mungkin bisa membuat produk , namun untuk membuat konsumen
membeli dan membayar produk tersebut adalah tugas yang berat.
Maka dari itu perusahaan dalam melakukan bisnis terletak pada
promosi penjualan yang kuat. Dan dengan metode promosi yang
berbeda-beda untuk menaikkan omset dan memperoleh
keuntungan.
4. Konsep Pemasaran
Dalam konsep pemasaran ini perusahaan harus mengetahui bahwa
seorang konsumen itu adalah seorang raja. Maka dari itu strategi
yang harus diterapkan harus fokus sepenuhnya, agar konsumen
merasa penting dan juga istimewa.Produk harus dipasarkan dengan
sedemikian rupa sehingga para konsumen merasa bahwa produk
tersebut dibuat khusus untuk mereka. Dengan seperti itu
perusahaan akan memperoleh loyalitas pelanggan dan mereka pun
akan mempunyai kepuasan untuk mendapatkan produk yang sangat
baik.
5. Konsep Pemasaran Kemasyarakatan
Dalam konsep kemasyarakatan ini perusahaan harus mempunyai
keunggulan dibandingkan dengan produk lain, sehingga sebuah
perusahaan harus fokus bahwa produknya memiliki tempat khusus
bagi konsumen. Sehingga jika seorang konsumen itu puas akan
produk kita maka menjadi keuntungan sebuah perusahaan

Tidak ada komentar: