Kamis, 31 Desember 2020

Pengertian Pemasaran (skripsi dan tesis)


Menurut Sigit (2002:6) pemasaran adalah semua kegiatan usaha yang
diperlukan untuk mengakibatkan terjadinya pemindahan pemilikan barang
dan atau jasa dan untuk menyelenggrakan distribusi fisiknya sejak dari
produsen awal sampai konsumen akhir. Sedangkan Swasta, Handoko
(2006:6) menyatakan bahwa terdapat falsafah bisnis yang menyatakan
bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan
sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan. Konsep pemasaran bertujuan
memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen
(Consumer Oriented ), hal ini berbeda dengan pandangan terdahulu bahwa
pemasaran berorientasi kepada produk, penjualan dan keuangan perusahaan.
Philip Kolter (2000), mendefinisikan pemasaran sebagai suatu proses sosial
dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan
keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu
yang bernilai satu sama lain.
Beberapa definisi para ahli tentang pemasaran diatas, maka dapat
disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pemasaran adalah rangkaian
kegiatan yang berhubungan dengan perpindahan produk baik berupa barang
dan jasa yang dapat memuasakan konsumen..

Tidak ada komentar: