Kamis, 31 Desember 2020

Social Learning Theory (skripsi dan tesis)

Teori ini berasumsi bahwa perilaku adalah sebuah fungsi dari konsekuensi.
Teori ini juga mengakui keberadaan pembelajaran melalui pengamatan
(observasional) dan pentingnya persepsi dalam pembelajaran. Individu merespon
pada bagaimana mereka merasakan dan mendefinisikan konsekuensi, bukan pada konsekuensi objektif itu sendiri (Stephen P. Robbins : 2009 ; 74).
Pengaruh model-model adalah sentral pada sudut pandang pembelajaran
sosial. Empat proses telah ditemukan untuk menentukan pengaruh sebuah model
pada seorang individu :
1. Proses perhatian. Individu belajar dari sebuah model hanya ketika mereka
mengenali dan mencurahkan perhatian terhadap fitur-fitur pentingnya.
2. Proses penyimpanan. Pengaruh sebuah model akan bergantung pada seberapa
baik individu mengingat tindakan model setelah model tersebut tidak lagi
tersedia.
3. Proses reproduksi motor. Setelah seseorang melihat sebuah perilaku baru
dengan mengamati model, pengamatan tersebut harus diubah menjadi tindakan.
Proses ini kemudian menunjukkan bahwa individu itu dapat melakukan
aktivitas yang dicontohkan oleh model tersebut.
4. Proses penegasan. Individu akan termotivasi untuk menampilkan perilaku yang
dicontohkan jika tersedia insentif positif atau penghargaan.

Tidak ada komentar: