Terdapat banyak definisi yang diajukan oleh ahli tentang pendidikan
kejuruan, definisi tersebut berkembang seirama dengan persepsi dan harapan
masyarakat tentang peran yang hams dimainkannya (Muclas Samani dkk,
1992:36). Evans & Edwin (1978:25) mengemukakan, pendidikan kejuruan
merupakan bagian dari sistem pendidikan yang mempersiapkan individu pada
pekerjaan atau kelompok pekerjaan. Menurut Oemar Harnalik (1999:56),
pendidikan kejuruan adalah suatu bentuk pengembangan bakat, pendidikan dasar
dan keterampilan, dan kebiasaan-kebiasaan yang mengarah pada dunia kerja
yang dipandang sebagai latihan keterampilan. Berdasarkan definisi tersebut
terdapat satu pengertian yang bersifat universal. Berdasarkan berbagai definisi di
atas dapat disimpulkan bahwa pendidikan kejuruan (SMK) adalah jenis
pendidikan yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja pada bidang
tertentu, mempersiapkan mereka agar dapat memperoleh kehidupan yang layak
melalui pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing serta normanorma yang berlaku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar