Selasa, 27 Juni 2023

Pengertian Lingkungan Kerja


Lingkungan kerja dalam suatu perusahaan perlu diperhatikan, hal ini
disebabkan karena lingkungan kerja mempunyai pengaruh langsung terhadap para
karyawan. Lingkungan kerja yang kondusif dapat meningkatkan kinerja
karyawan dan sebaliknya, lingkungan kerja yang tidak memadai akan dapat
menurunkan kinerja karyawan. Kondisi lingkungan kerja dikatakan baik apabila
manusia dapat melaksanakan kegiatan secara optimal, sehat, aman dan nyaman.
Kesesuaian lingkungan kerja dapat dilihat akibatnya dalam jangka waktu yang
lama. Lingkungan kerja yang kurang baik dapat menuntut tenaga kerja dan waktu
yang lebih banyak dan tidak mendukung diperolehnya rancangan sistem kerja
yang efisien.
Menurut Robbins dalam Handoko (2016) lingkungan adalah lembaga-
lembaga atau kekuatan-kekuatan diluar yang berpotensi mempengaruhi kinerja
organisasi, lingkungan dirumuskan menjadi dua yaitu lingkungan umum dan
lingkungan khusus. Lingkungan umum adalah segala sesuatu di luar organisasi
yang memilki potensi untuk mempengaruhi organisasi. Lingkungan ini berupa
kondisi sosial dan teknologi. Sedangkan lingkungan khusus adalah bagian
lingkungan yang secara langsung berkaitan dengan pencapaian sasaran-sasaran
sebuah organisasi.
Menurut Basuki dan Susilowati (2016) lingkungan kerja adalah segala
sesuatu yang berada di lingkungan yang dapat mempengaruhi baik secara
langsung maupun tidak langsung seseorang atau sekelompok orang di dalam
melaksanakan aktivitasnya

Tidak ada komentar: