Lingkungan kerja merupakan salah satu fungsi yang penting dalam
manajemen sumber daya manusia (MSDM). Lingkungan kerja adalah semua
keadaan yang ada di tempat kerja yang dapat mempengaruhi karyawan baik secara
langsung maupun tidak langsung selain itu lingkungan kerja merupakan suatu
komunitas tempat manusia berkumpul dalam suatu keberagaman serta dalam
situasi dan kondisi yang berubah-ubah yang dapat mempengaruhi karyawan.
Lingkungan kerja juga dapat diartikan keseluruhan sarana dan prasarana kerja
yang ada di sekitar karyawan yang sedang melakukan pekerjaan yang dapat
mempengaruhi pelaksanaan pekerjaan, lingkungan kerja ini meliputi tempat
bekerja, fasilitas, dan alat bantu pekerjaan, kebersihan, pencahayaan, ketenangan,
termasuk juga hubungan kerja antara orang-orang yang ada di tempat tersebut
(Sutrisno 2010: 118).
Dengan kata lain lingkungan kerja dianggap sebagai kepribadian suatu
perusahaan seperti yang dilihat oleh para karyawanya, jika para karyawan merasa
lingkungannya tidak mendukung maka dapat diduga bahwa karyawan akan
bertindak sesuai dengan anggapan ini, sekalipun pihak manager melakukan segala
usaha untuk bersikap demokratis atau mementingkan karyawan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar