Terhadap Transfer PricingUkuran perusahaan dapat dilihat dengan menggunakan total aset sebagai proksi dari ukuran perusahaan.Perusahaan yang memiliki total aset besar menunjukkan bahwa perusahaan tersebut telah mencapai tahap kedewasaan dimana dalam tahap iniarus kas perusahaan sudah positif dan dianggap memiliki prospek yang baik dalam jangka waktu yang relatif lebih lama (Rachmawati dan Triatmoko, 2007). Teori agensi dapat menjelaskan hubungan antara ukuran perusahaan dengan transfer pricing. Adanya wewenang yang dimiliki
manajer dalam mengelola perusahaan akan menimbulkan kecenderungan manajer lebih mementingkan tujuan individu daripada tujuan perusahaan.Semakin besar ukuran perusahaan, perusahaan tersebut memiliki aktivitas usaha dan transaksi keuangan yang semakin besar dimana kemungkinan terjadinya transfer pricingakan lebih tinggi terjadi di perusahaan besar dibandingkan dengan perusahaan kecil(Ramadhan & Kustiani, 2017). Hal ini didukung oleh beberapa penelitian terdahulu yang dilakukan oleh (Richardson et al., 2013)(Waworuntu & Hadisaputra, 2016)dan (Kusuma & Wijaya, 2017)menunjukan pengaruh ukuran perusahaan positif terhadap transfer pricing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar