Perusahaan multinasionaladalah perusahaan yang beroperasi di lebih dari satu negara di bawah pengendalian satu pihak tertentu((Wafiroh dan Hapsari,2015). Adanyaanak perusahaan yang berada di luar negeri akan menyebabkan perbedaan tarif pajak yang dimiliki anak perusahaan dengan perusahaan induk.Perbedaan tarif pajak tersebut dapatmemotivasi manajer dalam mengambil keputusan melakukan transfer pricing, karenadengan adanya transfer pricingperusahaan dapat memaksimalkan laba yang dimiliki. Perusahaan multinasional akan cenderung untuk melakukan transfer pricingdikarenakan adanya transaksi antar perusahaan pada negara berbeda(Ramadhan dan Kustiani, 2017).Teori internalisasi dapat menjelaskan hubungan antara multinasionalitas dan transfer pricing. Perusahaan multinasional akan melakukan transfer pricingsebagai upaya untuk meningkatkan laba perusahaan(Rugman dan Verbeke2007). Pengaruh multinasionalitas terhadap transfer pricingdi dukung oleh beberapa penelitian yang dilakukan oleh (Richardson, Taylor, dan Lanis 2013)dan (Ramadhan dan Kustiani, 2017)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar