incentive merupakan perilaku manajemen atau pemegang sahammayoritas yang mentransfer aset dan profit perusahaan untuk kepentingan mereka sendiri (Zhuang, 2004). Salah satu bentuktunnelingadalah peran dari pemegangsaham pengendali dalam memindahkan sumber daya perusahaan melalui transaksi hubungan istimewa. Pemegang saham dapat mengalihkan asetnya secara sementara
ke anak perusahaan dengan transfer pricingagar bisa menekan biaya-biaya yang dapat mengurangi laba perusahaan.Penelitian oleh Yuniasih, dkk (2012) menyatakan tunneling incentiveberpengaruh positif terhadap transfer pricing. Penelitian lain oleh Marisa (2015) menyatakan bahwa tunneling incentiveberpengaruh negatif terhadap transferpricing. Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti merumuskan hipotesis sebagaiberikut:Ha2 : tunneling incentiveberpengaruh positif terhadap transfer pricing.2.11.3.Pengaruh Kepemilikan Asing Terhadap Transfer PricingMenurut pasal 1 ayat 8 UU Nomor 25 Tahun 2007, modal asing adalah modal yang dimiliki oleh negara asing, perseorangan warga negara asing, dan badan hukum Indonesia yang sebagian atau seluruh modalnya dimiliki oleh pihak asing. Ketika kepemilikan saham yangdimiliki pihak asing telah menanamkan modalnya pada perusahaan di Indonesia lebih dari 20% maka pihak asing bisa memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing, karena bisa menggunakan haknya sebagai pengendali untuk memerintah manajemen melakukan transferpricing
Tidak ada komentar:
Posting Komentar