Menurut Nanang Fattah (2006:7), komponen pokok sistem pendidikan
meliputi:
a. Masukan mentah
Masukan sumber
b. Masukan instrumental
Proses pendidikan tujuan clan prioritas. Siswa peserta didik, manajemen,
struktur, dan jadwal, isi. guru pendidik. alat bantu belajar, fasilitas,
teknologi, pengawasan mutu. biaya, lingkungan.
c. Keluaran
Hasil pendidikan
Komponen lembaga pendidikan SMK tersebut terbagi menjadi tiga bagian,
yaitu: masukan mentab (input), masukan instrumental, dan keluaran (output).
Siswa atau peserta didik merupakan masukan mentah yang penting, yang harus
diperhatikan dengan sebenar-benarnya agar di dalam proses pendidikan (masukan
instrumental) dapat optimal di dalam mendidiknya. Masukan instrumental itu
sendiri merupakan tempat dimana peserta didik diberikan ilmu pengetahuan,
keterampilan dan wawasan, yang didukung dengan apa yang disebutkan di atas
guna mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Dengan begitu keluaran
(hasil pendidikan) dapat tercapai.
Lebih lanjut, Tatang M. Amirin (2003:51), komponen pokok sistem
pendidikan meliputi: (1) masukan mentah berupa murid; (2) masukan
instrumental berupa tenaga pengajar, tenaga administrasi, kurikulum, prasarana,
sarana, lingkungan; (3) keluaran berupa lulusan. Kesemua komponen pokok
tersebut diaplikasikan ke dalam lembaga pendidikan yang digunakan sebagai
penentu keberhasilan proses pendidikan. Menurut Ibrahim Bafadal (2004:6),
komponen sekolah yang lain merupakan masukan (input) yang secara garis besar
diklasifikasikan menjadi tiga jenis masukan. yaitu: (a) masukan sumber daya
manusia meliputi: kepala sekolah, guru, dan pesuruh, peserta didik; (b) masukan
material, yaitu: komponen instrumental yang meliputi kurikulum, dana, dan
segala komponen sekolah lain selain manusia, yang biasa disebut dengan sarana
prasarana; (c) Masukan lingkungan yaitu hasil pendidikan. Berdasarkan beberapa
sumber tersebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa komponen-komponen
lembaga pendidikan antara lain:
1. Input, merupakan subyek yang akan dikelola yaitu peserta didik.
2. Proses, terbagi menjadi instrumental input (tenaga pendidik dan kependidikan,
kurikulum, fasilitas) dan environmental input (lingkungan baik benda maupun
manusia).
3. Output, keluaran (lulusan) yang diharapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar