Rabu, 21 Juni 2023

Pengertian Ukuran Perusahaan

Ukuran perusahaan yaitu besar kecilnya suatu perusahaan yang dapat dilihat dengan berbagai cara, diantaranya : total aktiva,total penjualan dan nilai kapitalisasi pasar (Rizkita dan Suzan, 2015). Ada beberapa instrumen yangdigunakan untuk mengukur besar kecilnyaukuran perusahaan, seperti total aset, total penjualan, nilai kapitalisasi pasardan jumlah karyawan. Semakin besarnilai instrumen tersebut, maka semakin besarpula ukuran perusahaan. Ukuran perusahaan dapat menunjukkan seberapa besar informasi yang terdapat didalamnya, serta mencerminkan kesadaran dari pihak manajemen mengenai pentingnya informasi. Teori sinyal memprediksikanaterdapathubungan positif antara ukuran perusahaan dengan integritas laporan keuangan, karena perusahaan besar lebih andal dalam menyajikan laporan keuangan sehingga memiliki sinyalpositif dimata masyarakat (Jama’an,2008).Perusahaan besar mempunyai sumber daya yang besar pula. Denganadanyasumber daya yang besar itu, perusahaan mampu membiayai penyediaan informasi untuk keperluan internal. Informasi itumenjadi bahan untuk keperluan pengungkapan informasi kepada pihak eksternal, jaditidak perlu adanyatambahan biaya yang besar untukmelakukan pengungkapan yang lebih luas. Sedangkan, perusahaan yang berskala kecildengan sumber daya yangkecil mungkin tidak memiliki informasi siap saji sebagaimana perusahaan yang berskala besar, sehingga untukmenyajikan informasi yang lebih luas membuhkanbiaya yang besar (Astinia, 2013).Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan yaitu besar kecilnya suatu perusahaan

Tidak ada komentar: