Manajemen Sekolah dapat diketahui anatara lain dari bagaimana upaya sekolah dalam mengoptimalkan kinerja organisasi sekolah, proses belajar-mengajar,pengelolaan sumber daya manusia, dan pengelolaan sumber daya dan administrasi (Mulyasa, 2002:29). Sedangkan menurut Bafadal (2003:82) menjelaskan manajemen sekolah ada tiga karakteristik yang menjadi ciri khas dan harus dikedepankan dari yang lain pada manajemen tersebut, yaitu sebagai berikut: a.Wewenang dan tanggung jawab dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan peningkatan mutu pendidikan yang didesentralisasikan kepada para stakeholder sekolah. b.Domain manajemen peningkatan mutu pendidikan yang mencakup keseluruhan, kepegawaian, keuangan, sarana prasarana, penerimaan, dan siswa baru. c.Walaupun keseluruhan domain manajemen peningkatan mutu pendidikan didesentralisasikan kepada sekolah-sekolah, diperluaskan regulasi yang mengatur fungsi kontrol pusat terhadap keseluruhan pelaksanaan kewenangan dan tanggung jawab pemerintah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar