Kualitas
adalah keseluruhan ciri serta sifat dari suatu produk atau pelayanan yang
berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau
yang tersirat. (Kotler, 2007). Ini merupakan definisi kualitas yang berpusat
pada pelangan. Kualitas barang dan jasa ditentukan oleh pelanggan, sehingga
kepuasan pelanggan dapat dicapai apabila perusahaan memberikan kualitas yang
baik.
Kualitas
memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas memberikan
suatu dorongan kepada pelangan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan
perusahaan. Dalam jangka panjang ikatan seperti ini memungkinkan untuk memahami
dengan seksama harapan pelanggan serta kebutuhan mereka. Kualitas pelayanan
adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat
keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan. (Tjiptono, 2006).
Definisi
kualitas pelayanan berpusat pada upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan
pelanggan serta ketepatan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan pelanggan.
Kualitas pelayanan merupakan tingkat keunggulan yang diharapkan dan
pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan
pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar