Djojonegoro dalam
Hamalik (2007) mengemukakan bahwa praktik kerja industri (Prakerin) (PI) adalah
bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian kejuruan yang memadukan secara sistematik
dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasan keahlian yang
diperoleh melalui bekerja langsung di dunia usaha atau dunia industri (DU/DI),
secara terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional.
Menurut Hamalik (2007),
praktik kerja industri (Prakerin) atau di beberapa sekolah disebut dengan On The Job Training (OJT) merupakan
modal pelatihan yang di selenggarakan di lapangan, bertujuan untuk memberikan
kecakapan yang diperlukan dalam pekerjaan tertentu sesuai dengan tuntutan
kemampuan bagi pekerjaan. Hal ini sangat berguna untuk para siswa agar dapat beradaptasi
dan siap terjun ke dunia kerja, sehingga di dalam bekerja nantinya dapat sesuai
dengan tuntutan dunia kerja.
Praktik kerja
industri (Prakerin) adalah “Prakerin adalah bagian dari pendidikan sistem ganda
(PSG) sebagai program bersama antara SMK dan Industri yang dilaksanakan di
dunia usaha, industri. Dalam Kurikulum SMK (Dikmenjur, 2008) disebutkan bahwa Prakerin
adalah pola penyelenggaraan diklat yang dikelola bersama-sama antara SMK dengan
industri/asosiasi profesi sebagai institusi pasangan (IP), mulai dari tahap
perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dan sertifikasi yang merupakan satu
kesatuan program dengan menggunakan berbagai bentuk alternatif pelaksanaan ,
seperti day release, block release, dan sebagainya..
Pada hakekatnya
penerapan PSG ini meliputi pelaksanaan praktik keahlian produktif, baik di
sekolah dan di dunia usaha atau di dunia industri (DU/DI). Sekolah membekali
siswa dengan materi pendiddikan umum (nourmative) pengetahuan dasar penunjang
(adaptif), serta teori dan keterampilan dasar kejuruan (produktif). Selanjutnya
DU/DI diharapkan dapat membantu bertanggung jawab terhadap peningkatan keahlian
profesi melalui program khusus yang dinamakan Praktik kerja industri (Prakerin).
Praktik kerja
industri (Prakerin) merupakan bagian dari Pendidikan Sistem Ganda (PGS) yang
diilhami sebagai pendidikan dua sistem (dual system) yang dilakukan di Jerman.
Yang kemudian mulai diberlakukan di Indonesia berdasarkan kurikulum SMK tahun
1994, dipertajam dengan kurikulum SMK edisi 1999 dan dipertegas dengan
kurikulum SMK edisi 2004. Praktik kerja industri (Prakerin) merupakan inovasi
program SMK dimana peserta didik melakukan praktik kerja di dunia usaha atau di
dunia industri (DU/DI). Praktik kerja industri (Prakerin) merupakan bagian
integral dari proses pendidikan dan pelatihan di SMK.
Proses penyiapan
siswa agar mempunyai kesiapan kerja kurang maksimal apabila dilakukan hanya
disekolahan saja. Kerjasama dengan pihak lain seperti dunia industri dan dunia
usaha (DU/DI) sangat diperlukan untuk mendukung kesiapan kerja siswa. Praktik
kerja industri (Prakerin) diharapkan akan dapat memberikan ilmu pengetahuan
kepada siswa tentang kondisi dunia kerja yang sesungguhnya dan pelaksanaan
kegiatan ini merupakan suatu pelatihan bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan
baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan yang sesuai dengan bidang
keahlian busana. Dengan demikian bimbingan dari dunia usaha maupun dunia
industri (DU/DI) sangatlah dibutuhkan, karena diharapkan akan terjadi transfer
ilmu pengetahuan dan keterampilan sehingga siswa akan lebih siap memasuki dunia
kerja.
Praktik kerja
industri (Prakerin) diarahkan pada pencapaian kemampuan professional sesuai
dengan tuntutan jabatan pekerjaan-pekerjaan yang berlaku di lapangan pekerjaan.
Program pendidikan ini dapat tercapai jika ada kerja sama yang saling membutuhkan
antara Dunia Pendidikan dan Dunia Kerja kemampuan professional tidak akan
tercapai tanpa adanya peran dari dunia kerja karena DU/DI yang paling mengerti
standar tenaga kerja yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Sehingga SMK diharapkan
mampu menjalin kerja sama dengan dunia kerja, kerja sama ini meliputi
perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pemasangan tamatan yang terangkum dalam
program Praktik kerja industri (Prakerin).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar