Minggu, 16 Oktober 2016

Faktor Dalam Kepuasan Kerja


Hariandja (2002) menytakan kepuasan kerja secara umum mencakup beberapa faktor, yaitu:
1)             Kepuasan pada pekerjaan, yaitu kepuasan terhadap isi pekerjaan yang dilakukan seseorang. Apakah memiliki elemen yang memuaskan atau tidak.
2)             Kepuasan pada pendapatan, yaitu kepuasan terhadap jumlah bayaran atau pendapatan yang diterima seseorang sebagai akibat dari pelaksanaan kerja. Apakah sesuai dengan kebutuhan dan dirasa adil atau tidak.
3)             Kepuasan pada lingkungan kerja, yaitu kepuasan terhadap lingkungan di tempat di mana seseorang tersebut bekerja. Apakah terasa menyenangkan, kondusif, dan nyaman atau tidak. Mencakup kemudahan seseorang tersebut untuk tetap menjalin hubungan baik dengan bawahan-bawahannya, rekanan bisnisnya, sekaligus keluarganya.
4)             Kepuasan pada pengembangan potensi diri, yaitu kepuasan pada kemungkinan untuk berkembang melalui kebebasan yang dipunyai untuk belajar hal-hal baru, dan bertemu orang-orang baru yang memberikan inspirasi.
Smith, Kendall dan Hulin (dalam Mas’ud, 2004) mengidentifikasi lima aspek yang terdapat dalam kepuasan kerja, yaitu :
a.       Pekerjaan itu sendiri (Work It self), yaitu evaluasi karyawan terhadap tingkat kesulitan yang harus dihadapi oleh seorang karyawan ketika menyelesaikan tugas dari pekerjaannya.
b.      Penyelia (Supervision) merupakan bentuk evaluasi karyawan terhadap sikap yang ditunjukkan oleh atasannya kepada karyawan tersebut.
c.       Teman sekerja (Coworkers) adalah evaluasi karyawan terhadap karyawan lain, baik yang sama maupun yang berbeda jenis pekerjaannya.
d.      Promosi (Promotion) yaitu evaluasi karyawan terhadap ada tidaknya kesempatan untuk memperoleh peningkatan karir selama bekerja.
e.       Gaji/Upah (Pay) merupakan evaluasi karyawan terhadap pemenuhan  kebutuhan hidup karyawan serta kesesuaian antara jumlah gaji dengan  pekerjaan yang dilakukan.
Berdasarkan uraian di atas maka kepuasan kerja diletakkan pada penelitian. Smith, Kendall dan Hulin (dalam Mas’ud, 2004), yaitu:
a.       Pekerjaan itu sendiri (Work It self),
b.      Penyelia (Supervision)
c.       Teman sekerja (Coworkers)
d.      Promosi (Promotion)
e.       Gaji/Upah (Pay) 

Tidak ada komentar: