Senin, 17 Oktober 2016

Pengertian Prestasi Kerja


Prestasi kerja adalah merupakan perilaku yang ditampilkan oleh individu atau kelompok yang dapat ditinjau dari segi perilaku, kepribadian seseorang yang sering nampak dalam berbagai bentuk sikap, cara berfikir dan cara bertindak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dikutipkan beberapa pendapat mengenai definisi prestasi kerja.
Prestasi kerja menurut Malayu S.P Hasibuan adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu.
Menurut kamus Besar Bahasa Indonesia adalah hasil kerja yang dicapai oleh seseorang karyawan dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepada. Sedangkan menuruy Kamus Bisnis dan Manajemen Prestasi atau Performance adalah hasil nyata yang dicapai.
Dari beberapa uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi kerja adalah suau hasil kerja positif yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugasnya berdasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu.
Sifat-sifat yang berhubungan dengan prestasi kerja yaitu, antara lain :


1.    Sifat yang agresif.
Menurut Sondang P. Siagian ( 1988 : 138 ) pengertian dari sifat yang agresif adalah sebagai : “Sifat yang mengandung dorongan kuat untuk maju dan niat kerja untuk memperoleh apa yang diinginkan”.             
Jadi sifat orang yang agresif itu pada umumnya ditandai dengan sifat tidak puas bekerja secara rutin dan selalu tugas dengan penuh tantangan.
2.    Prestasi kerja harus mempunyai daya tahan terhadap tekanan yang dating dari dalam maupun dari luar.
Menurut Sondang P. Siagian ( 1998 : 138 ) prestasi kerja seseorang pasti dipengaruhi oleh kondisi fisiknya. Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang baik mempunyai daya tahan tubuh yang tinggi yang pada gilirannya tercermin pada kegairahan bekerja dengan tingkat produktifitas yang tinggi dan sebaliknya.
3.    Kreatifitas menunjukkan suatu prestasi yang hakekatnya individu pada organisasi itu tidak malas, tetapi juga penuh imajinasi, rajin, inovatif fan penuh daya kreatif.
4.    Kepercayaan pada diri sendiri perlu ditanamkan pada diri individu dalam organisasi untuk melaksanakan tugas merupakan modal yang amat tinggi nilainya dalam menumbuhkan dan memelihara kepercayaan terhadap diri sendiri.
5.    Preastasi kerja di tunjukkan pula dengan kemampuan menyesuaikan diri dalam organisasi dan tujuan organisasi, tetapi hal ini bisa diatasi dengan adanya kemampuan dan usaha indivisu untuk menyesuaikan diri dan semua itu akan tercapai apabila mampu menciptakan iklim kebersamaan.
6.    Prestasi kerja ditunjukkan pula dengan karakteristik kepemimpinan.
Menurut Sondang P. Siagian ( 1988 : 147 ) arti kepemimpinan : “ Sesuatu kelebihan dalam bentuk apapun yang dimiliki oleh seseorang yang mengakibatkan orang lain datang kepadanya entah untuk bertanya, meminta atau memperoleh nasihatnya ”.

Tidak ada komentar: