Empat metode untuk mengukur kepuasan pelanggan adalah sebagai
berikut Day (dalam
Tjiptono, 2006) :
a.Sistem keluhan dan
Saran
Setiap perusahaan yang berorientasi pada pelanggan perlu
memberikan kesempatan seluas-luasnya pada para pelanggan untuk menyampaikan
saran, pendapat dan keluhan mereka. Media yang biasanya digunakan meliputi
kotak saran yang diletakkan pada tempat-tempat yang strategis. Informasi ini
dapat memberikan ide-ide dan masukan kepada perusahaan dan memungkinkan untuk
bereaksi dengan tanggap dan cepat untuk mengatasi masalah-masalah yang ada.
b.
Ghost Shopping
Metode ini
dilaksanakan dengan cara mempekerjakan beberapa orang untuk berperan sebagai
pelanggan atau pembeli potensial produk perusahaan dan pesaing kemudian mereka
melaporkan temuan-temuannya mengenai kekuatan dan kelemahan produk perusahaan
dengan pesaing berdasarkan pengalaman mereka dalam pembelian produk-produk
tersebut.
c.
Lost customer analysis
Perusahaan
berusaha menghubungi para pelanggan yang telah berhenti membeli atau yang telah
beralih pemasok, yang diharapkan adalah akan diperolehnya informasi penyebab
terjadinya hal tersebut, informasi ini sangat bermanfaat bagi perusahaan untuk
mengambil kebijakan-kebijakan selanjutnya yang akan diambil oleh pelanggan.
d.
Survei kepuasan pelanggan
Umumnya
penelitian mengenai kepuasan pelanggan dilaksanakan dengan penelitian survey,
melalui penelitian survey perusahaan akan memperoleh tanggapan dan umpan balik
secara langsung dari pelanggan dan juga penelitian survey dapat memberikan
tanda positif bagaimana perusahaan menaruh perhatian pada pelanggannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar