Senin, 28 Juni 2021

Perceived Flow (skripsi dan tesis)

Athwick dan Rigdon (2004) menyatakan bahwa pengalaman berpengaruh positif terhadap sikap dan niat konsumen (meninjau kembali dan meluangkan lebih banyak waktu) terhadap situs web. Flow adalah pengalaman yang optimal yang selanjutnya mempengaruhi perilaku pengguna. (Finneran & Zhang, 2005) Flow diartikan sebagai sebagai konstruk unidimensional terdiri dari kenikmatan (pengalaman autotelic) dan distorsi waktu (transformasi waktu). (Skadberg & Kimmel, 2004) Flow juga digunakan untuk menggambarkan keadaan pikiran kadangkadang dialami oleh orang-orang yang sangat terlibat dalam beberapa kegiatan. (Fan et al., 2013) Sebagai kemudahan penggunaan sistem teknologi informasi yang di persepsikan, meyakini bahwa pengguna akan lebih mudah memahami penggunaan sistem teknologi informasi tanpa harus menggunakan usaha yang keras dan terbatas dari kesulitan (Davis et al, 1989). Menurut Jogiyanto (2008) mengemukakan, definisi persepsi kemudahan sebagai sejauh mana individu yakin dengan menggunakan teknologi akan bebas dari usaha. Jika individu menganggap media informasi mudah digunakan maka dia akan menggunakan-nya. Sebaliknya jika individu menganggap media informasi tidak mudah digunakan maka dia tidak akan menggunakannya. Berdasarkan beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa flow merupakan pengalaman optimal yang mengambarkan keadaan pikiran yang kadang dialami oleh pengguna dalam menikmati kegiatan dan merasakan distorsi waktu selama melakukan kegiatan tersebut  

Tidak ada komentar: