Senin, 28 Juni 2021
Perceived Flow (skripsi dan tesis)
Athwick dan Rigdon (2004) menyatakan bahwa pengalaman
berpengaruh positif terhadap sikap dan niat konsumen (meninjau kembali dan
meluangkan lebih banyak waktu) terhadap situs web.
Flow adalah pengalaman yang optimal yang selanjutnya mempengaruhi
perilaku pengguna. (Finneran & Zhang, 2005) Flow diartikan sebagai sebagai
konstruk unidimensional terdiri dari kenikmatan (pengalaman autotelic) dan
distorsi waktu (transformasi waktu). (Skadberg & Kimmel, 2004)
Flow juga digunakan untuk menggambarkan keadaan pikiran kadangkadang dialami oleh orang-orang yang sangat terlibat dalam beberapa kegiatan.
(Fan et al., 2013)
Sebagai kemudahan penggunaan sistem teknologi informasi yang di
persepsikan, meyakini bahwa pengguna akan lebih mudah memahami
penggunaan sistem teknologi informasi tanpa harus menggunakan usaha yang
keras dan terbatas dari kesulitan (Davis et al, 1989). Menurut Jogiyanto (2008) mengemukakan, definisi persepsi kemudahan
sebagai sejauh mana individu yakin dengan menggunakan teknologi akan bebas
dari usaha. Jika individu menganggap media informasi mudah digunakan maka
dia akan menggunakan-nya. Sebaliknya jika individu menganggap media
informasi tidak mudah digunakan maka dia tidak akan menggunakannya.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa flow
merupakan pengalaman optimal yang mengambarkan keadaan pikiran yang
kadang dialami oleh pengguna dalam menikmati kegiatan dan merasakan distorsi
waktu selama melakukan kegiatan tersebut
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar