Piaget (1929) mengartikan teori konstruktivisme sebagai teori
pembelajaran yang menggambarkan cara memperoleh suatu
pengetahuan. Teori konstruktivisme ini lebih menekankan cara siswa
memperoleh ilmu dan pengetahuan secara aktif melalui pengalamanpengalamannya
(Basleman & Mappa, 2011: 128).
Prinsip-prinsip teori Piaget (1929) ini melalui proses: (1) skema,
(2) asimilasi, (3) akomodasi, dan (4) equilibrium. Adapun definisi dari
proses tersebut, menurut Wardoyo (2013, 35 38) dapat dirangkum
sebagai berikut.
1) Skema: representasi kognitif dari suatu kegiatan
2) Asimilasi: pengumpulan atau pengelompokan informasi baru
3) Akomodasi: modifikasi dari stuktur kognitif untuk menerjemahkan
informasi baru
4) Equilibrium: pengaturan diri untuk mengatur keseimbangan proses
asimilasi dan akomodasi. Berdasarkan teori konstruktivisme, pembelajaran lebih
ditekankan pada peserta didik, dimana peran peserta didik dalam
pembelajaran konstruktivisme menurut Basleman & Mappa (2011, 129)
anatar lain:
1) Peserta didik aktif dalam proses pembelajaran
2) Peserta didik membangun pengetahuan melalui interaksi dengan
lingkungan yang ditemukan mereka sendiri
3) Belajar secara aktif melalui berpikir kritis dan pemecahan masalah
4) Peserta didik menemukan isi pelajaran bermakna pada proses
pembelajaran.
Sedangkan peran fasilitator dalam pembelajaran konstruktivisme
antara lain sebagai berikut:
1) Menciptakan lingkungan yang inovatif.
2) Menyediakan bahan-bahan sebagai sumber belajar.
3) Membantu siswa mendapatkan pengalaman atau
mengeksplorasi pengalaman.
4) Membantu siswa dalm membentuk konsep.
5) Membantu siswa dalam mengemukakan pikirannya.
6) Membantu siswa dalam menyelesaikan masalah.
(Basleman & Mappa, 2011: 129)
Berdasarkan Tatang Sutarno (2008: 10), menyatakan bahwa
peran guru dalam teori konstruktivisme adalah menghubungkan (linking),
memonitor (monitoring), dan mengarahkan (directing) proses
membangun pengetahuan, dan sedangkan peran siswa adalah mengenali
(recognise), memadukan (integrate), memperluas (extend), mengevaluasi
(evaluate) dan merekonstruksi konsepsinya
Senin, 28 Juni 2021
Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar