Senin, 28 Juni 2021

Manfaat Media Pembelajaran (skripsi dan tesis)

 Media yang digunakan sebagai alat untuk kegiatan belajar memberikan beberapa manfaat yaitu: 1. Informasi yang disajikan melalui media ketika kegiatan belajar dilakukan akan lebih unik sehingga memunculkan stimulus tersendiri bagi anak untuk mengingat. 2. Dilakukannya pemakaian media sebagai penyampaian informasi saat mengajar akan memunculkan motivasi tersendiri bagi anak didik untuk pencapaiannya yang lebih baik. 3. Tanpa disadari anak didik yang berbeda dapat diatasi ketika dilaksanakannya kegiatan belajar melalui media yang dipakai sebagai penyampai informasi. 4. Secara tidak langsung diberitahukan pada anak didik bahwa hal yang disampaikan melalui media saat belajar merupakan sebuah kesamaan yang akan selalu terjadi diantara mereka. (Azhar Arsyad, 2013: 29-30). Hal ini juga diungkapkan oleh Sudjana dan Rivai yang menjelaskan bahwa media yang digunakan sebagai penyampai pesan akan sangat memberikan keuntungan dalam proses kegiatan belajar. Adapaun manfaatnya yaitu: 1. Kegiatan belajar yang disusun dengan bentukan semenarik mungkin akan memberikan sebuah motivasi yang lebih besar bagi anak didik. 2. Penjelasan mengenai bahasan yang dijelaskan dalam pemberian informasi akan lebih bernilai lebih karena mampu menjelaskan hal-hal yang dimengerti oleh anak didik. 3. Penggunaan metode yang beragaam dan tidak monoton agar anak didik merasakan keingintahuan yang besar dari perbedaan metode yang diajarkan saat kegiatan belajar dilakukan. 4. Pembagian aktivitas yang merata harus dilaksanakan agar tidak hanya guru yang menjelaskan, namun diberikan pada siswa sebuah kesempatan untuk menjelaskan kembali hal yang telah dijelaskan pada anak didiknya (Azhar Arsyad, 2013: 28). Pada dasarnya penyampaian informasi yang dilakukan melalui media bergunaka sebagai pemberitahuan informasi yang lebih jelas, terarah, tersistem, serta dapat membuat pola perubahan tingkah laku yang lebih baik dari sebelumnya karena mendapatkan stimulus dan memiliki keinginan tersendiri untuk berubah sikap menjadi lebih baik. Hal inilah yang perlu disampaikan media dengan memilih beberapa inti yang punya fokus berlebih saat dilaksanakannya sebuah kegiatan belajar. Dalam hal ini akan digunakan sesuai dengan kebutuhan yang sebenar-benarnya. Beberapa manfaatt dari media juga datang dari Encyclopedia of Educational yang memperinci jelasan atas penggunaan media sebagai sarana informasi yaitu: a. Memilih dasar kajian yang lebih mengutamakan anak didik untuk berfikir dibanding berbicara. b. Memunculkan rasa keingintahuan anak didik. c. Pengikutsertaan dalam pengawasan bagi anak didik agar lebih berkembang dan menerima segala informasi yang diterima saat proses belajar dilakukan. d. Menjelaskan beberapa contoh nyata yang dapat dilihat anak didik dalam kesehariannya. e. Munculnya beberapa pola pikir yang didasari oleh teori yang ada saat melihat gambar-gambar tertentu. f. Dapat memperjelas artian yang lebih mudah dimengerti dalam berbahasa. g. Membagikan sebuah pengalaman menarik yang memungkinkan memunculkan rasa ingintahu hingga memotivasi orang lain ketika menghadapi hal-hal yang sama dengan kejadian (Azhar Arsyad, 2013: 29). Karena banyaknya pendapat yang dikeluarkan oleh para ahli, maka penulis akan merincikan beberapa hal yang diangap sebagai kegunaan secara praktis dari kegiatan belajar yaitu: a. Pesan yang disajikan berupa informasi yang dipastikan menumbuhkan semangat belajar anak dan ini dapat dilihat di akhir kegiatan belajar mengajar dilakukan. b. Pemunculan motivasi anak didik agar memunculkan rasa keingintahuan serta pencapaian yang sama dengan informasi yang baru saja ia terima. Hal ini didukung apabila anak didik tersebut berda di kejadian dan dilingkungan yang sama.Bersedia untuk mengatasi setiap keterbatasan yang dimiliki: 1). Apabila objek yang akan ditampilan tidak sesuai dengan perkiraan sebelumnya, maka diperbolehkan untuk menggunakan fhoto atau gambar yang tidak menampakkan bahwa objek tersebut terlalu besar. 2). Jika objek yang dipergunakan kecil dari perkiraan sebelumnya, maka diperbolehkan jika menggunakan foto yang berada didalam slide sebagai penggantinya agar dapat dilihat oleh semua anak didik.

Tidak ada komentar: