Media yang digunakan sebagai alat untuk kegiatan belajar
memberikan beberapa manfaat yaitu:
1. Informasi yang disajikan melalui media ketika kegiatan
belajar dilakukan akan lebih unik sehingga memunculkan
stimulus tersendiri bagi anak untuk mengingat.
2. Dilakukannya pemakaian media sebagai penyampaian
informasi saat mengajar akan memunculkan motivasi
tersendiri bagi anak didik untuk pencapaiannya yang lebih
baik.
3. Tanpa disadari anak didik yang berbeda dapat diatasi
ketika dilaksanakannya kegiatan belajar melalui media yang
dipakai sebagai penyampai informasi.
4. Secara tidak langsung diberitahukan pada anak didik bahwa
hal yang disampaikan melalui media saat belajar merupakan
sebuah kesamaan yang akan selalu terjadi diantara mereka.
(Azhar Arsyad, 2013: 29-30).
Hal ini juga diungkapkan oleh Sudjana dan Rivai yang
menjelaskan bahwa media yang digunakan sebagai penyampai
pesan akan sangat memberikan keuntungan dalam proses
kegiatan belajar. Adapaun manfaatnya yaitu: 1. Kegiatan belajar yang disusun dengan bentukan semenarik
mungkin akan memberikan sebuah motivasi yang lebih
besar bagi anak didik.
2. Penjelasan mengenai bahasan yang dijelaskan dalam
pemberian informasi akan lebih bernilai lebih karena mampu
menjelaskan hal-hal yang dimengerti oleh anak didik.
3. Penggunaan metode yang beragaam dan tidak monoton
agar anak didik merasakan keingintahuan yang besar dari
perbedaan metode yang diajarkan saat kegiatan belajar
dilakukan.
4. Pembagian aktivitas yang merata harus dilaksanakan agar
tidak hanya guru yang menjelaskan, namun diberikan pada
siswa sebuah kesempatan untuk menjelaskan kembali hal
yang telah dijelaskan pada anak didiknya (Azhar Arsyad,
2013: 28).
Pada dasarnya penyampaian informasi yang dilakukan
melalui media bergunaka sebagai pemberitahuan informasi
yang lebih jelas, terarah, tersistem, serta dapat membuat pola
perubahan tingkah laku yang lebih baik dari sebelumnya karena
mendapatkan stimulus dan memiliki keinginan tersendiri
untuk berubah sikap menjadi lebih baik. Hal inilah yang perlu
disampaikan media dengan memilih beberapa inti yang punya
fokus berlebih saat dilaksanakannya sebuah kegiatan belajar.
Dalam hal ini akan digunakan sesuai dengan kebutuhan yang
sebenar-benarnya.
Beberapa manfaatt dari media juga datang dari Encyclopedia
of Educational yang memperinci jelasan atas penggunaan media
sebagai sarana informasi yaitu:
a. Memilih dasar kajian yang lebih mengutamakan anak
didik untuk berfikir dibanding berbicara.
b. Memunculkan rasa keingintahuan anak didik. c. Pengikutsertaan dalam pengawasan bagi anak didik
agar lebih berkembang dan menerima segala informasi
yang diterima saat proses belajar dilakukan.
d. Menjelaskan beberapa contoh nyata yang dapat dilihat
anak didik dalam kesehariannya.
e. Munculnya beberapa pola pikir yang didasari oleh teori
yang ada saat melihat gambar-gambar tertentu.
f. Dapat memperjelas artian yang lebih mudah dimengerti
dalam berbahasa.
g. Membagikan sebuah pengalaman menarik yang
memungkinkan memunculkan rasa ingintahu hingga
memotivasi orang lain ketika menghadapi hal-hal yang
sama dengan kejadian (Azhar Arsyad, 2013: 29).
Karena banyaknya pendapat yang dikeluarkan oleh para
ahli, maka penulis akan merincikan beberapa hal yang diangap
sebagai kegunaan secara praktis dari kegiatan belajar yaitu:
a. Pesan yang disajikan berupa informasi yang dipastikan
menumbuhkan semangat belajar anak dan ini dapat
dilihat di akhir kegiatan belajar mengajar dilakukan.
b. Pemunculan motivasi anak didik agar memunculkan
rasa keingintahuan serta pencapaian yang sama dengan
informasi yang baru saja ia terima. Hal ini didukung
apabila anak didik tersebut berda di kejadian dan
dilingkungan yang sama.Bersedia untuk mengatasi
setiap keterbatasan yang dimiliki:
1). Apabila objek yang akan ditampilan tidak sesuai
dengan perkiraan sebelumnya, maka diperbolehkan
untuk menggunakan fhoto atau gambar yang tidak
menampakkan bahwa objek tersebut terlalu besar.
2). Jika objek yang dipergunakan kecil dari perkiraan
sebelumnya, maka diperbolehkan jika menggunakan foto yang berada didalam slide sebagai penggantinya
agar dapat dilihat oleh semua anak didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar