Senin, 28 Juni 2021
Kriteria Memilih Media Pembelajaran (skripsi dan tesis)
Ditinjau dari kesiapan pengadaannya, media dikelompokkan
dalam dua jenis, yaiu media jadi karena sudah merupakan
komoditi perdagangan dan terdapat di pasaran luas dalam
keadaan siap pakai (media by utilization), dan media rancangan
karena perlu dirancang dan dipersiapkan secara khusus untuk
maksud atau tujuan pembelajaran tertentu (media by design).
Untuk jenis media rancangan (yang dibuat sendiri), pertanyaan
yang dijadikan sebagai acuan diantaranya sebagai berikut:
a. Apakah materi yang akan disampaikan itu untuk
tujuan pengajaran atau hanya informasi tambahan atau
hiburan?
b. Apakah media yang dirancang itu untuk kepentingan
pembelajaran atau alat bantu pengajaran (peraga)?
c. Apakah dalam pengajarannya akan menggunakan
strategi kognitif, afektif dan psikomotorik?
d. Apakah materi pelajaran yang akan disampaikan itu
masih asing bagi anak didik?
e. Apakah perlu rangsangan gerak seperti untuk pengajaran
bahasa?
f. Apakah perlu rangsangan gerak seperti untuk pengajaran
seni atau olahraga?
g. Apakah perlu rangsangan warna?
Setelah tujuh pertanyaan tersebut terjawab, maka guru dapat
mengajukan alternatif media yang akan dirancang. Alternatif
tersebut mungkin jenis media audio, media visual, atau media
audiovisual.
Lebih lanjut, Nana Sudjana & Ahmad Rivai mengemukakan
rumusan pemilihan media dengan kriteria-kriteria sebagai
berikut:
14 Bookchapters
a. Ketepatannya dengan tujuan pengajaran, artinya media
pengajaran dipilih atas dasar tujuan-tujuan instruksional
yang telah ditetapkan. Tujuan-tujuan instruksional yang
berisikan unsur-unsur pemahaman, aplikasi, analisis,
sistesis, biasanya lebih mungkin menggunakan media
pengajaran.
b. Dukungan terhadap isi bahan pelajaran, artinya bahan
pelajaran yang sifatnya fakta, prinsip, konsep dan
generalisasi sangat memerlukan bantuan media agar
lebih mudah dipahami siswa
c. Kemudahan memperoleh media, artinya media yang
diperlukan mudah diperoleh, setidak-tidaknya mudah
dibuat oleh guru pada waktu mengajar. Media grafis
umumnya mudah dibuat oleh guru tanpa biaya yang
mahal, disamping sederhana dan praktis penggunaannya.
d. Keterampilan guru dalam menggunakan apapun jenis
media yang diperlukan syarat utama adalah guru dapat
menggunakannya dalam proses pengajaran. Nilai dan
manfaat yang diharapkan bukan pada medianya, tetapi
dampak dari penggunaannya dalam interaksi bagi siswa
selama pengajaran berlangsung.
e. Tersedia waktu untuk menggunakannnya, sehingga
media tersebut dapat bermanfaat bagi siswa selama
pengajaran berlangsung.
Sesuai dengan taraf berfikir siswa, memilih media untuk
pendidikan dan pengajaran harus sesuai dengan taraf berfikir
siswa. Menyajikan grafik yang berisi data atau angka atau
proporsi dalam bentuk gambar atau poster. Demikian juga
diagram yang menjelaskan alur hubungan suatu konsep atau
prinsip hanya bisa dilakukan bagi siswa yang telah memilih
kadar berfikir yang tinggi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar