Senin, 28 Juni 2021
Dimensi Kualitas WebQual 4.0 (skripsi dan tesis)
Dimensi kualitas WebQual 4.0 disusun berdasarkan instrumen dalam tiga
dimensi. Dimana setiap dimensi dapat membantu untuk memahami faktor-faktor
yang mempengaruhi kepuasan pengguna website (Elangovan, 2013).
Menurut Nada dan Wibowo (2015), WebQual 4.0 merupakan suatu
pengukuran untuk mengukur kualitas website berdasaskan instrumen-instrumen
penelitian yang dapat dikategorikan ke dalam empat variabel, yaitu kegunaan
(usability), kualitas informasi (information quality), kualitas interaksi (interaction
quality), dan overall impression WebQual 4.0 disusun berdasarkan penelitian pada empat dimensi yaitu :
1. Kualitas kegunaan (Usability dari human computer interaction)
Usability merupakan mutu yang berhubungan dengan rancangan
website, seperti penampilan, kemudahan penggunaan, navigasi, dan
gambaran yang akan disampaikan ke pengguna. Kualitas penggunaan
meliputi, kemudahan untuk dipelajari dan dioperasikan, kemudahan
untuk dimengerti, kemudahan untuk ditelusuri, kemudahan untuk
digunakan dalam menjelajahi website, menampilkan bentuk visual
14
yang sesuai, dan memiliki kompetensi yang baik dalam memberikan
pengalaman baru yang menyenangkan.
2. Kualitas informasi dari penelitian sistem informasi (information
quality) Information quality adalah mutu dari isi yang terdapat pada
website, sesuai atau tidaknya informasi untuk tujuan pengguna seperti
akurasi, format dan keterkaitannya. Kualitas informasi meliputi halhal seperti informasi yang akurat, informasi yang bisa dipercaya,
informasi yang up to date atau terbaru, informasi yang sesuai dengan
topik bahasan, informasi yang mudah dimengerti, informasi yang
sangat lengkap, dan informasi yang disajikan dalam format desain
yang sesuai.
3. Kualitas interaksi dan kualitas layanan dari penelitian kualitas sistem
informasi (service interaction quality) Service interaction quality
adalah mutu dari interaksi pelayanan yang dialami oleh pengguna
ketika mereka menyelidiki kedalam website lebih dalam. Kualitas
interaksi meliputi kemampuan memberi rasa aman saat transaksi,
memiliki reputasi yang bagus, memudahkan komunikasi,
menciptakan perasaan emosional yang lebih personal, memiliki
kepercayaan dalam menyimpan informasi pribadi pengguna, dan
mampu memberikan keyakinan bahwa janji yang disampaikan akan
ditepati.
4. Kualitas keseluruhan (Overall impression) Penelitian kualitas dari
keseluruhan ketiga kualitas di atas. Penelitian ini menggunakan metode WebQual 4.0, dengan variabel
Usability, Information Quality, Interaction Qualiaty berperan sebagai variabel
independen, sedangkan variabel Overall disini lebih diartikan sebagai overall
terhadap User Satisfaction (Kepuasan Pengguna) dan berperan sebagai variabel
dependen
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar