Senin, 28 Juni 2021

Pengertian Pendekatan Pembelajaran (skripsi dan tesis)


Menurut Gulö (2004, 4), untuk menyelesaikan persoalan
memilih rencana kegiatan pembelajaran diperlukan adanya suatu
pendekatan. Di mana pendekatan tersebut dianggap sebagai sudut
pandang atau cara berpikir dalam menghadapi seluruh permasalahan
yang ada dalam program belajar mengajar. Pendekatan menurut Wardoyo
(2013, 27) juga diartikan sebagai seperangkat asumsi yang dapat
dipertanggungjawabkan berdasarkan hakikat bahasa, dan hakikat
pembelajaran yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pedagogis Definisi lain tentang pendekatan pembelajaran menurut Majid (2013, 21)
dapat diuraikan sebagai cara umum yang dilakukan oleh guru dalam
proses membelajarkan peserta didik.
Akbar (2013, 45) mengartikan pendekatan pembelajaran sebagai
untuk membelajarkan peserta didik melalui pusat
Adapun pendekatan-pendekatan pembelajaran yang
berkembang berdasarkan filsafat pendidikan menurut Akbar (2013, 45)
terdiri atas: (1) pendekatan behavioristik; (2) pendekatan kognitivistik,
dan (3) pendekatan konstruktivistik.
Jadi dari berbagai pendapat mengenai pendekatan pembelajaran
di atas, diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan pembelajaran adalah
suatu sudut pandang atau asumsi yang dapat dipertanggungjawabkan
dalam menghadapi permasalahan pembelajaran untuk mencapai tujuan
pedagogis.

Tidak ada komentar: