Senin, 28 Juni 2021
Indikator Minat Belajar (skripsi dan tesis)
Menurut Slameto (2010:180) siswa yang berminat dalam belajar
mempunyai indikator sebagai berikut.
1. Mempunyai kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan
mengenang sesuatu yang dipelajari secara terus menerus.
2. Ada rasa suka dan senang pada sesuatu yang diminati.
3. Memperoleh suatu kebanggan dan kepuasan pada sesuatu yang diminati.
4. Ada rasa ketertarikan pada aktivitas yang diminati.
5. Lebih menyukai suatu hal yang menjadi minatnya pari pada yang
lainnya.
6. Dimanifestasikan melalui partisipasi pada aktivitas dan kegiatan.
Sebagai penguatan tehadap indikator minat belajar menurut Slameto diatas
terdapat indikator minat belajar yang dikemukakan oleh Iskandarwassid dan Dadang
Sunendar (2016) diantaranya sebagai berikut:
a) Perasaan Senang
Seseorang siswa yang memiiki perasaan senang atau sikap sua terhadap
suatu mata pelajaran, maka siswa tersebut akan terus mempelajarai ilmu
yang disenanginya. Tidak ada perasaan terpaksa pada siswa untuk
mempelajari bidang tersebut.
b) Ketertarikan Siswa
Berhubungan dengan daya gerak yang mendorong untuk cenderun
merasa tertarik pada orang, benda, kegiatan atau bisa berupa pengalaman
afektif yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri.
c) Perhatian Siswa
Perhatian merupakan konsentrasi terhadap pengamatan dan pengertian,
dengan mengesampingkan yang lain dari pada itu. Siswa yang memiliki
mina pada objek tertentu, dengan sendirinya akan memperhatikan objek
tersebut.
d) Keterlibatan Siswa
Ketertarikan seseorang akan suatu objek yang mengakibatkan orang
tersebut senang dan tertarik untuk melakukan atau mengerjakan kegiatan
dari objek tersebut.
Berdasarkan ciri-ciri minat belajar yang dikemukakan oleh Slameto minat
belajar siswa dapat ditinjau dari keseharian seseorang itu sendiri dalam melakukan
proses belajar. Semakin siswa senang terhadap suatu kegiatan pembelajaran maka
14
akan timbul rasa ketertarikan untuk mengetahui lebih jauh terkait materi pembelajaran
yang telah dilakukan sebelumnya, dan berdampak pada tingkat pemahaman siswa itu
sendiri.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar