Senin, 28 Juni 2021

Indikator Minat Belajar (skripsi dan tesis)

Menurut Slameto (2010:180) siswa yang berminat dalam belajar mempunyai indikator sebagai berikut. 1. Mempunyai kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang sesuatu yang dipelajari secara terus menerus. 2. Ada rasa suka dan senang pada sesuatu yang diminati. 3. Memperoleh suatu kebanggan dan kepuasan pada sesuatu yang diminati. 4. Ada rasa ketertarikan pada aktivitas yang diminati. 5. Lebih menyukai suatu hal yang menjadi minatnya pari pada yang lainnya. 6. Dimanifestasikan melalui partisipasi pada aktivitas dan kegiatan. Sebagai penguatan tehadap indikator minat belajar menurut Slameto diatas terdapat indikator minat belajar yang dikemukakan oleh Iskandarwassid dan Dadang Sunendar (2016) diantaranya sebagai berikut: a) Perasaan Senang Seseorang siswa yang memiiki perasaan senang atau sikap sua terhadap suatu mata pelajaran, maka siswa tersebut akan terus mempelajarai ilmu yang disenanginya. Tidak ada perasaan terpaksa pada siswa untuk mempelajari bidang tersebut. b) Ketertarikan Siswa Berhubungan dengan daya gerak yang mendorong untuk cenderun merasa tertarik pada orang, benda, kegiatan atau bisa berupa pengalaman afektif yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri. c) Perhatian Siswa Perhatian merupakan konsentrasi terhadap pengamatan dan pengertian, dengan mengesampingkan yang lain dari pada itu. Siswa yang memiliki mina pada objek tertentu, dengan sendirinya akan memperhatikan objek tersebut. d) Keterlibatan Siswa Ketertarikan seseorang akan suatu objek yang mengakibatkan orang tersebut senang dan tertarik untuk melakukan atau mengerjakan kegiatan dari objek tersebut. Berdasarkan ciri-ciri minat belajar yang dikemukakan oleh Slameto minat belajar siswa dapat ditinjau dari keseharian seseorang itu sendiri dalam melakukan proses belajar. Semakin siswa senang terhadap suatu kegiatan pembelajaran maka 14 akan timbul rasa ketertarikan untuk mengetahui lebih jauh terkait materi pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya, dan berdampak pada tingkat pemahaman siswa itu sendiri. 

Tidak ada komentar: