Pada prinsipnya, pembelajaran menurut Jihad & Haris (2009)
merupakan suatu proses yang terdiri dari kombinasi dua aspek, yaitu
belajar dan mengajar (Wardoyo, 2013: 21). Oleh karena itu, kegiatan
pembelajaran bermuara pada apa yang harus dilakukan oleh siswa sebagai
aspek belajar, dan apa yang harus dilakukan oleh guru dalam pemberi
pelajaran sebagai orientasi dari aspek mengajar. Istilah lain tentang pembelajaran menurut Damyati dan Mudjiono (2002: 113 114)
didefinisikan sebagai kegiatan yang ditujukan untuk membelajarkan siswa.
Pendapat yang sama tentang pembelajaran juga dikemukakan oleh Majid
untuk membelajarkan seseorang atau kelompok
orang melalui berbagai upaya (effort) dan berbagai strategi, metode, dan
pendekatan demikian, makna pembelajaran dapat dipandang sebagai kegiatan guru
yang disusun dan didesain secara instruksional yang diaplikasikan kepada
siswa sehingga siswa dapat belajar secara aktif dan terarah. Dengan kata
lain, menurut Wardoyo (2013, 21) pembelajaran dapat diartikan sebagai
suatu proses komunikasi yang memiliki tujuan tercapainya perubahan
perilaku melalui interaksi antara peserta didik dengan guru, maupun antar
peserta didik.
Senin, 28 Juni 2021
Pengertian Pembelajaran (skripsi dan tesis)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar