Memilih pada hakikatnya adalah proses membuat keputusan
dari berbagai pilihan. Guru bisa menentukan pilihan media
mana yang akan digunakan apabila terdapat beberapa media
yang dapat diperbandingkan. Sedangkan apabila media
pengajaran itu hanya ada satu, maka guru tidak bisa memilih,
tetapi menggunakan apa adanya. Dalam menggunakan media
pengajaran, hendaknya guru memperhatikan sejumlah prinsipprinsip tertentu agar penggunaan media dapat mencapai hasil
yang baik. Prinsip-prinsip yang dimaksud dikemukakan Nana
Sudjana sebagai berikut:
a. Menentukan jenis media dengan tepat. Artinya,
sebaiknya guru memilih terlebih dahulu media manakah
yang sesuai dengan tujuan dan bahan pelajaran yang
diajarkan.
b. Menetapkan atau mempertimbangkan subyek dengan
tepat. Artinya, perlu diperhitungkan apakah penggunaan
media itu sesuai dengan tingkat kematangan/
kemampuan anak didik.
c. Menyajikan media dengan tepat. Artinya, teknik dan
metode penggunaan media dalam pengajaran harus
disesuaikan dengan tujuan, bahan, metode, waktu dan
sarana yang ada.
d. Menempatkan atau memperlihatkan media pada
waktu, tempat dan situasi yang tepat. Artinya, kapan
dan dalam situasi mana pada waktu mengajar media
digunakan. Tentu tidak setiap saat atau selama proses
belajar mengajar terus menerus memperlihatkan atau
menjelaskan sesuatu dengan media pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar