Sebuah fitur utama Android adalah satu aplikasi yang dapat menggunakan
unsurunsur aplikasi lain. Misalnya, jika aplikasi anda perlu menampilkan scroll
gambar namun ada aplikasi lain yang telah mengembangkanya, maka anda hanya
perlu memanggil scroller tersebut untuk melakukan pekerjaan tanpa harus
mengembangkannya sendiri. Cara kerjanya, sistem harus mulai melakukan proses
aplikasi ketika ada bagian yang diperlukan untuk di instansiasi object Java nya.
Oleh karena itu tidak seperti sistem aplikasi lainnya, Android tidak memiliki entry point tunggal untuk semua aplikasi (misalnya Android tidak mempunyai fungsi
main() method ). Namun sebaliknya Android memiliki komponen penting dimana
sistem dapat meng-instansiasi object dan menjalankannya sesuai kebutuhan.
Komponen -komponen tersebut yaitu :
1. Activities
Activity adalah sebuah layar tunggal dari user interface. Activity ini dapat
memegang hirarki view untuk memberikan fungsi-fungsi yang dibutuhkan oleh
user interface. Dalam sebuah aplikasi bisa terdapat satu atau lebih Activity.
Sebagai contoh sebuah aplikasi pesan teks mungkin memiliki satu Activity yang
menunjukkan daftar kontak untuk mengirim pesan, Activity kedua untuk menulis
pesan ke kontak yang dipilih, dan Activity lainnya untuk memeriksa pesan lama
atau pengaturan perubahan. Meskipun mereka bekerja bersama untuk membentuk
sebuah user interface yang kohesif, namun setiap aktivity adalah independen atau
berdiri sendiri. Jadi masingmasing diimplementasikan sebagai subclass dari kelas
dasar Activity.
Setiap Activity mempunyai window yang berisi screen. Konten visual dari
window disediakan oleh hierarki View. Sebuah Hierarki View berada dalam
method Activity setContextView(). Objectnya berasal dari kelas dasar View.
Android mempunyai sejumlah View yang sudah dapat digunakan seperti Text
field, Edit Text, Scrollbar, Menu, CheckBox, Button, RadioButton.
Diagram berikut menunjukkan siklus penting dari suatu Activity. Kotak persegi
panjang merupakan callback method yang di implementasikan untuk melakukan
operasi disaat Activity bergerak. Sedangkan Oval berwarna adalah Activity
utama.
2. Service
Service adalah kelas tanpa user interface (Activity adalah kelas dengan
UI), sehingga dapat dijalankan di background dalam thread yang terpisah. Contoh
kerja service adalah ketika anda sedang mendengarkan musik, kemudian anda
ingin mengirim sms atau email. Dalam kasus ini tentu saja anda bisa melakukan
keduanya karena ketika anda mengirim sms atau email, musik akan bekerja
sebagai background
3. Content Providers
Sebuah Content Provider atau penyedia konten menyimpan data yang
dapat diakses oleh aplikasi lain. Jadi disini bisa berbagi data dengan berbagai
aplikasi yang disimpan dalam paket android.provider. Jenis data yang disimpan
adalah jenis data yang umum seperti audio, video, informasi contact dll.
Sebenarnya Content Provider juga menyimpan data di user interface sebagai
penyedia query dan pengembalian nilai data seperti untuk menambah, mengubah
dan menghapus data. Data ini dapat disimpan dalam file atau database SQLite.
4. Event
Event adalah sesuatu yang terjadi dari luar, sesuatu yang tidak kita kontrol
dan sesuatu yang kita tidak tahu kapan akan terjadi. Untuk itu kita menggunakan
Events Controllers untuk setiap event yang bisa terjadi. Ada beberapa macam
Event Controller seperti Event Listener, Event Handler, Touch Mode dan
Handling focus Event Listener adalah sebuah objek yang diberitahu pada saat
suatu event terjadi pada event source. Event listener diimplementasikan ke dalam
bentuk method dalam suatu interface. Berikut ini method method yang termasuk
event listener user interface:
onCLick()
Method yang berasal dari View.onCLickListener. Method ini dipanggil
ketika user menyentuh item (jika dalam modus sentuh), fokus pada item dengan
19
tombol navigasi, menekan tombol ?enter? ataupun ketika menekan tombol diatas
trackball onLongClick ()
Method yang berasal dari View.OnLongClickListener. Untuk fungsi
pemanggilan methodnya sama dengan method onClik() onFocusChange ()
Method dari View.OnFocusChangeListener. Method dipanggil apabila
pengguna menavigasi ke atau dari item dengan menggunakan tombol navigasi
atau trackball onKey ()
Berasal dari View.OnKeyListener. Method ini dipanggil saat user
difokuskan pada item dan menekan tombol pada device onTouch ()
Method dari View.OnTouchListener. Pemanggilan method ini ketika
pengguna melakukan suatu tindakan yang memenuhi syarat sebagai touch event,
termasuk menekan atau melakukan gerakan gerakan di layar (dalam batas-batas
item) onCreateContextMenu ()
Method berasal dari View.OnCreateContextMenuListener. Method ini
dipanggil ketika menu konteks sedang dibangun (sebagai hasil dari klik “long
click”). Dibawah ini menunjukkan contoh bagaimana meregistrasikan onclick
listener disebuah button.
5. Event Handlers
Event adalah sebuah message yang dikirim oleh sebuah object untuk
menandai kejadian sebuah aksi. Handler adalah sebuah method yang akan diisikan
(atau diikatkan) pada event. Jadi event handler adalah suatu fungsi atau method
yang mengandung statement program untuk menangani input yang diterima ke
dalam event. Berikut ini merupakan method ? method event handling :
• onKeyUp()
• onKeyDown()
20
• onTrackballEvent()
• onTouchEvent()
• onFocusChanged()
6. Resources
Resource adalah elemen external yang kita gunakan dalam aplikasi.
Resource disimpan dalam file xml yang berada dalam folder res. Resource
tersedia dalam kode java menggunakan R.java file. File R.java ini untuk
menghubungkan sumber daya visual (dari main.xml) ke kode sumber java (file
java yang berada di Activity kelas).
(Sumber : Buku Pelatihan Android oleh Good Tech)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar