Senin, 28 Juni 2021

Metode Eksperimen-Diskusi (skripsi dan tesis)


Metode eksperimen-diskusi merupakan penggabungan dari metode
eksperimen dan metode diskusi. Menurut Hamid (2012, 212) Metode
eksperimen adalah metode pembelajaran yang memberikan kesempatan
kepada siswa, baik secara individu maupun kelompok, untuk melakukan
suatu proses percobaan. Tujuan penggunaan metode eksperimen ini adalah
untuk sepenuhnya melibatkan siswa dalam merencanakan dan melakukan
percobaan, menemukan fakta, mengumpulkan data, mengendalikan
variabel, serta memecahkan persoalan yang dihadapi secara konkrit.
Sedangkan metode diskusi menurut Hamid (2011, 215-216) diartikan sebagai proses membahas suatu permasalahan dengan melibatkan banyak
orang, yang hasilnya digunakan sebagai alternatif jawaban dari persoalan.
Dalam kegiatan diskusi, setiap orang berhak mengemukakan pendapat
masing-masing terhadap persoalan yang dibahas, untuk selanjutnya
dianalisis dan dicari pendapat yang paling ideal dan mewakili semua
pendapat peserta diskusi. Hasil analisis inilah yang menjadi alternatif
jawaban dari persoalan yang dibahas. Sehingga metode eksperimendiskusi
adalah metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada
siswa untuk melakukan suatu percobaan dan kemudian mendiskusikan
secara bersama-sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun
tahapan dalam penggunaan metode eksperimen-diskusi adalah sebagai
berikut:
1) Menyiapkan metode eksperimen-diskusi, diawali dengan memeriksa
ketersediaan alat, bahan, kesiapan ruang/ tempat, serta semua
perangkat pembelajaran yang digunakan dalam menunjang kegiatan
eksperimen.
2) Melaksanakan metode eksperimen-diskusi, dengan langkah-langkah:
a) menata ruang dan alat,
b) mengorganisasi siswa (kelompok) untuk melakukan eksperimen,
c) menginformasikan langkah-langkah eksperimen-diskusi,
d) melakukan eksperimen sesuai prosedur LKS,
e) melakukan diskusi kecil untuk menjawab pertanyaan di LKS,
f) mempresentasikan hasil eksperimen,
g) mendiskusikan hasil eksperimen melalui diskusi sehingga
mendapatkan jawaban yang paling ideal,
h) menyimpulkan hasil eksperimen.
3) Memberikan evaluasi dengan mengerjakan soal-soal  

Tidak ada komentar: